Kamis, 09 Juli 2020

SELUK BELUK PENERBITAN BUKU


BELAJAR MENULIS GELOMBANG 11

RESUME  : 17

Pada umunya seseorang menulis mempunyai tujuan , diantaranya:

  •   Profit  yaitu sepuya memperoleh keuntungan sehingga akan berhitung tentang untung dan rugi
  •  Nirlaba/pengabdian merupakan sebuah aktifitas menulis karena tujuan yang melekat pada             sebuah profesi.
  • Branding promosi diri, untuk mencapai tujuan tertentu agar menjadi dikenal banyak orang
  • Memenuhi regulasi untuk tujuan yang diharuskan yang menjadi syarat sebuah kebijakan untuk kenaikan pangkat atau golongan dalam jenjang karir.

Kondisi keadaan kita saat ini dalam tulis menulis menempati pada jenjang yang mana seperti gambar berikut.


Simpulkan diri kita termasuk yang tingkat keberapa. Ketika kita pernah kuliah kita bisa dikategorikan penulis. Karena unsur kemalasan dalam diri tulisan kita tidak dapat bekembang . Semoga dengan adanya paparan ini mampu membangkitkan semangat untuk menulis dan menghasilkan buku untuk diterbitkan.

Memasuki ekosistem penerbitan buku penerbit adalah perusahan yang mencari keuntungan untuk bertahan hidup untuk semua karyawannya. Tidak sembarangan menerbitkan buku kalau tidak menghasilkan keuntungan. Ekosistem penerbitan melibatkan penulis, penerbit, penyalur dan pembaca yang merupakan sebuah siklus ketergantungan

Memperhatikan minat baca di negara kita sangat tertinggal karena berakar pada budaya yang lebih kuat adalah berbicara sehingga memberikan kontribusi menghambatnya perkembangan dunia penerbitan. Selain itu minat menulis juga rendah juga disebabkan karena tidak memahami dunia tulis menulis atau salah persepsi terhadap dunia penerbitan. Selain itu juga apresiasi hak cipta yang masih sering dilanggar serta lemahnya payung hukum untuk menaunginya.

            Langkah langkah untuk menerbitkan buku tentu saja kirim ke penerbit untuk dilakukan riviu  dengan sudut pandang yang  berhubungan dengan sisi ekonomi. Maka ada dua kemungkinan yaitu buku ditolak atau diterima.

            Jika diterima maka prses untuk penerbitan dilanjutkan dengan mengirim dalam bentuk hard copy demi keamanan. Yang dikirim tidak perlu keseluruhan secara utuh namun bagian judul, daftar isi, sinopsis buku dan biografi penulis. editing dan setting akan dilakukan oleh penerbit. Untuk penentuan judul dilakukan atas usulan penulis namun dimodifikasi oleh penerbit disesuaikan dengan pasar agar menarik dan laku di pasaran.

            Untuk sistem cetak dalam jumlah besar diawali dengan mengirim kembali buku yang sudah jadi ke penulis sebagai koreksi akhir. Barulah dilakukan cetak dalam jumlah besar oleh penerbit.

Apa sajakah yang akan diperoleh penulis saat tulisannya berhasil menembus pasar:

  •  Kepuasan, artinya telah mampu mengalahkan rasa malas dalam diri dengan sebuah karya
  • Reputasi, artinya kita banyak dikenal orang karena karya
  • Karir akan cepat berkembang karena persyaratan yang dirujukan telah kita miliki
  •  Uang dari sisi ekonomi mampu menambah penghasilan.


    Untuk mampu menembus pasar naskah yang bagaimanakah  yang memungkin seperti gambar di bawah diatas adalah naskah yang diterbitkan memiliki keterkaitan antara tema dan sang penulis sehingga ada bebrapa kemungkinan yang pertama adalah tema tak populer namun penulis populer, selain itu bisa juga tema populer penulis populer. Tetapi tidak menutup kemungkinan akan terjadi tema tak populer penulis tak populer dan juga tema populer penulis tak populer kedua yang terakhir merupakan hal sulit untuk membuat penulis memiliki peluang dalam penerbitan buku.

Kwadran kategori penulis pengaruh produktivitas dan kuwalitas memiliki empat macam kategori yaitu yang pertama tidak idealis namun industrialis yang kedua idealis dan industrialis yang ketiga tidak idealis dan tidak industrialis yang keempat idealis dan tidak industrialis. Semua penulis tentu berharap masuk dalam kategori idealis dan industrialis.

Dari semua penjelasan dapat kita simpulkan bahwa membangun saling pengertian antara penerbit dan penulis adalah merupakan hal yang utama agar hasil penerbitan mampu menguntungkan kedua belah pihak. Segera menulislah jangan akan menulis tapi segera dimulai untuk menulis.


6 komentar: