Selasa, 30 Juni 2020

PERUBAHAN BIROKRASI

BIROKRASI NEGARAKU

          Tidak disadari bahwa data tahun lahir kartu tanda penduduk (KTP) milik bungsuku tahun lahirnya tidak sesuai dengan yang sebenarnya atau yang tertera di akta kelahirannya. Memang tidak sempat mengecek saat menerima KTP di tahun yang lalu, diketahui saat mengisi data untuk kebutuhan online ternyata terjadi ketidak sesuaian. Karena KTP harus di scan sehingga harus mengurus ulang untuk penerbitan KTP yang baru.

      Mumpung hari libur kutemani bungsuku mengurus perbaikan KTP ke kantor Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Dukcapil). Saat dalam perjalanan terbayang keribetan pengurusan, maklum sudah cukup lama tidak pernah lagi mengurus administrasi untuk kebutuhan keluarga. Ternyata kantor Dukcapil sudah menempati tempat yang baru , sayapun baru tahu. Memang setelah kejadian gempa bumi 2018 yang menimpa kota Mataram banyak kantor yang rusak parah dibangun kembali namun di areal yang berbeda.

          Mengambil no antrian untuk mengurus penggantian dokumen dikelompokan pada bagian B, sedang bagian A adalah pengusulan dokumen baru. Dapat no antrian 19, sabar kita harus budaya antir dengan tertib. Tidak terlalu lama sampai juga giliran kami. Maksud disampaikan pada petugas dengan menyerahkan KTP dan kartu keluarga yang asli, tidak sampai 10 menit selesailah dan KTP siap diambil nanti jam 12 siang.

          Kebetulan rumah kami tidak terlalu jauh dengan kantor Dukcapil, maka kami putuskan  pulang dulu, baru nanti kembali lagi setelah jan 12 siang. Alhamdulillah birokrasi di negara ini sudah berubah mulai lebih baik. Semoga saja semua lini kepengurusan kebutuhan adminstrasi masyarakat menjadi semakin lebih baik. Majulah Indonesiaku tangguhkan diri dalam era globalisasi.

                                                                          

                                                                             Mataram Rabu 1 Juli 2020


Senin, 29 Juni 2020

TEKAD DAN PERJUANGAN SEORANG IBU


BELAJAR MENULIS  GELOMBANG 11

RESUME  :  13

PERESUME : Nanik Yuliani, M.Pd

            Pengalaman hidup membuatnya memiliki kekuatan yang tidak berbatas karena salah satu anaknya tidak bisa masuk di sekolah yang mahal hanya karena dianggap profesinya tidak mampu  menyekolahkan ditempat mahal tersebut. Tekatnya untuk mendirikan sekolah yang murah namun memiliki fasilitas yang bagus. Prinsip hidupnya adalah tak pernah lelah jadi pengajar dia adalah Dra. Betti Risnalenni, MM, pendiri Kelompok Belajar (KB), TK dan SD Insan Kamil, Bekasi.

            Bergelut sejak tahun 1991, lulusan IKIP Jakarta ini telah mendapatkan banyak penghargaan. Mulai dari guru dan kepala sekolah berprestasi se-Bekasi, juara 1 tokoh wanita berprestasi di bidang pendidikan dari walikota se-Bekasi, dan juara 1 wirausaha se-Jawa Barat. Dunia mengajar memang hal yang tak asing baginya. Selain sebagai guru dan kepala sekolah, ia juga sempat dilatih pengajar dari Malaysia untuk mengajar aritmatika dan kemudian membuka kursusnya. Dengan penuh perjuangan hingga memiliki 24 cabang.dari tempat kursus beranjak membuka sekolah  di tahun 2003 dari TK dan SD dengan tantangan yang sangat luar biasa.

Sebenarnya manfaat yang dapat kita raih dari membuat sekolah itu bukan hanya untung uang tapi banyak hal yang didapat.  Bisa jadi guru teladan, kepala sekolah berprestasi dan juga juara interpreuner tingkat jawa barat untuk guru paud. Selain itu kita jadi memiliki banyak teman serta semakin bertambah pengetahuan juga.

            Tentang bagaimana program selama pandemi ini . Mungkin yang  dilakukan sama dengan sekolah pada umumnya. Kita melakukan Daring selama 3 bulan kebelakang walau lokasi sekolah  dalam  Zona Hijau selama ini. Alhamdulillah tidak pernah ada yang kena covid 19. Selama Daring materi tidak hanya pelajaran saja tapi kami juga menugaskan kegiatan rumah (life skill dan karakter). Alhamdulillah masih berhasil walau untuk tingkat KB dan TK sudah mulai bosan. Mereka pengen ketemu gurunya. Selama masa pandemi ini kita memang harus bisa bekerja sama dengan seluruh guru dan karyawan juga orang tua. Bekerja dirumah lebih susah karena lebih banyak gangguannya.

            Untuk mengurangi efek penggunaan hp pada siswa TK  guru dan orang tua harus bisa bekerja sama dalam waktu memegang hp. Guru itu lebih dipatuhi daripada orang tua. Jadi guru membantu memberi tau anak bahwa megang hp itu hanya selama berkomunikasi dengan guru dan juga boleh untuk bermain game 15 atau 30 menit. Yang paling utama tetap diadakan pendampingan selama memegang hp.  Agar lebih menarik tugas tugas peserta didik juga dupublikasikan lewat instagram. Jadi anak anak juga senang bisa dilihat di IG sekolahnya.

            Jika ingin sukses mengelola sebuah sekolah  maka  memang harus sering menghitung pemasukan dan pengeluaran. minimal rencana per tahun itu harus cermat walau kita bukan profit tujuannya. tapi kita jangan nombok juga. nanti kita tidak semangat dalam bekerja . Jika di sekolah ada koperasi, sebaiknya itu dikelola dengan baik. karena itu sumber keuangan juga.

            Tentang program unggulan di sekolah awalnya berkeinginan murid bisa bahasa inggris  ke Pare tetapi  jauh dan muridnya masih kecil kecil. Maka dibukalah kursus bahasa Inggris dengan pola pendidikan Pare dengan Tutor anak sendiri yang pernah ke Pare. Ternyata menjadikan keunggulan di sekolahnya . Serta  unggulan di sekolah  adalah lulus in syaa Allah  hafal juz 30.

Gambar diatas salah satu usaha sekolah untuk mengenalkan lingkungan sekolah pada peserta didik di awal tahun ajaran di masa pandemi covid 19. Peserta didik datang ke sekolah untuk mengenal lingkungannya dengan bermain dan mengenal guru yang akan mengajar dengan berfoto di sekolah.

Diakhir pertemuan diberikan 3 tips mengelola sekolah berdasar pertanyaan peserta, adalah

1.   Menjaga kesolid an dalam sekolah, Membagi tugas berdasarkan kemampuan rekan kerja. Sering pantau dengan sharing.  

2.  Mengelola pembayaran segalanya dilakukan dalam satu pintu. boleh dicicil berdasarkan kemampuan. Setiap kegiatan , misalnya mau ulangan, harus lunas spp bulan..., pembagian modul harus lunas spp bulan .. jadi ortu tidak terbebani tp kita sudah punya harapan uang buat gajian guru dan karyawan.

3.   Pragram salaman ,  hafalan juz 30 , hadist dan surat2 pendek,  menjaga kebersihan dan wirausaha.

Minggu, 28 Juni 2020

PJJ YANG LEBIH BAIK

MARI PERSIAPAN PJJ

            Satu minggu telah berlalu masa libur sekolah, sembari menikmati pagi yang indah berusaha tetap  berpikir positif tentang keadaan new normal ini. Infomarsi terakhir dari gugus tugas penanganan covid 19 untuk daerah Mataram sampai saat ini masih berada di zona merah. Mengingat akan hal tersebut maka kemungkinan besar tahun ajaran baru 2020-2021 masih belum bisa dilakukan kegiatan belajar mengajar tatap muka seperti biasanya namun masih diwarnai belajar daring maupun luring.

            Merasa bahwa saat PJJ di awal pandemi belum maksimal maka bertekat untuk PJJ kali ini harus membuat persiapan yang lebih matang agar hasil lebih maksimal. Kesempatan untuk membuat persiapan dapat dilakukan sambil menikmati liburan. Sepertinya dari whatsApp grup sekolah sudah diinformasikan bahwa diharapkan bapak/ibu guru untuk mempersiapkan bahan ajar/modul untuk pembelajaran tahun 2020/2021 yakni Senin 13 Juli 2020 (sesuai kalender pendidikan). Konsep pembelajaran daring dan luring akan dipadukan di awal tahun ajaran baru tersebut.

            Bersiaplah menjemput perubahan karena saat ini kita belum tahu siapa peserta didik kita karena masih awal ajaran berbeda denga PJJ yang lalu kita sudah mengenal para peserta didik kita. Untuk saat ini kita hanya mengandalkan nomor Hp yang dimiliki peserta didik dengan segala keterbatasannya. Keterbatasan yang dimaksud adalah kemampuan secara ekonomi mendukung PJJ, artinya tidak setiap peserta didik didukung oleh orang tua untuk PJJ memang karena faktor ekonomi.   Bagi orang tua yang berada di tataran ekonomi tidak mampu maka PJJ dirasakan sangat memberatkan. Sedikit kisah sedih peserta didik saat PJJ  yang lalu ketika ditanya mengapa tidak aktif dalam daring maupun luring jawaban sungguh sangat menyedihkan dari tidak punya hp hingga punya hp namun quota sangat terbatas inilah yang terjadi mengapa keaktifan siswa daring hanya pada minggu pertama saja. Jika luring dengan tayangan televisi maka tidak memiliki televisi sungguh sangat miris mendengar jawaban peserta didik, memang tidak semua seperti itu namun itulah yang perlu mendapat perhatian.

            Data siswa yang harus lengkap  dan akurat inilah yang akan mendukung kesuksesan PJJ mendatang ini karena peserta didik harus terlayani dengan disesuaikan dengan kemampuan ekonomi. Jangan memperberat keadaan ekonomi orang tua yang saat ini memang sedang mengalami cobaan. Semua sektor ekonomi sedang mengalami penurunan tak urung ekonomi para orang tuapun mengalami hal yang sama. Maka sebisa mungkin memetakan peserta didik yang mampu dan yang kurang mampu untuk mengikuti PJJ. Berikan pilihan bagi yang tidak mampu PJJ dengan materi pembelajaran yang tidak berbeda dengan PJJ.

            Untuk tataran saat ini yang paling utama adalah PJJ yang akan kita rencanakan harus menarik dan tidak memindahkan sekolah kedalam rumah peserta didik. Memang untuk materi materi tertentu seperti Matematika, IPA atau yang bersifat exac akan sedikit tampak kaku namun capaian target saat ini adalah terkait pada Numerasi dan Literasi. Mari kita buat persiapan PJJ dengan hati dan pikiran gembira agar peserta didik kita saat menjupai materi pembelajaran kitapun merasa gembira dan kehadiran materi pembelajaran kita akan dinantikan oleh para peserta didik kita. Tetap semangat mencerdaskan anak bangsa dalam masa pandemi melalui PJJ yang gembira dan berkesan. Aamiin

                                                           Mataram Senin 29 Juni 2020


Sabtu, 27 Juni 2020

PISANG COKLAT KEJU HASIL PJJ

PISANG COKLAT KEJU HASIL PJJ

            Sejak new normal untuk menghindari bertemu banyak orang maka untuk hari Sabtu dan Minggu tidak melakukan aktifitas di luar rumah meski olah raga pagi karena kecenderungan jalanan akan ramai. Pagi ini tema kegiatan keluarga adalah bersih bersih dan rapi rapi hingga mencuci pakaian dan perlengkapan yang lain. Biasanya yang agak malas terlibat adalah si bungsu padahal dia adalah mahasiswa semester tiga di Fakultas tehnik sipil Universitas Mataram. Biasanya dia banyak dibantu oleh yang lain sehingga kamarnya paling cepet rapi karena ada yang membantu.

            Di rumah yang tinggal ada ibundaku yang sudah berusia 76 tahun. Alhamdulillah beliau masih sehat dan beraktifitas dengan semua kegiatan di rumah. Keponakan yang masih duduk dibangku SD dan SMP tinggal juga bersama kami. Jadilah kegiatan hari ini meriah dengan canda mereka yang saling berebut sapu dan alat kebersihan yang lain.

            Si ayah selalu asyik dengan burung burung peliharaannya yang harus mulai diurusnya dengan mengganti air minum dan makanannya hingga membersihkan kotorannya. Burungnya berbeda beda jenisnya  sehingga makanannya pun berbeda beda, ada yang makan jagung giling kasar, Biji bijian, konsentrad dan  ada pula yang makan pisang dari jenis pisang kepok. 


            Hari ini kebetulan tidak memiliki cadangan snack untuk teman teh  hangat  selepas bersih dan rapi rapi rumah. Si kecil beride membuat pisang bakar keju coklat dengan menggunakan pisang kepok stok untuk siburung . Abrakadabra secepat kilat snack yang dibuat sikecil sudah tersaji dengan sederhana. Terselip rasa bangga si kecil yang masih mau masuk jenjang SD sudah mampu berkreasi. Si kecil  menjelaskan bahawa kue buatannya pagi ini adalah  seperti tugas daring bu gurunya saat PJJ di Taman kanak kanak.


            Bergetar hati mendengar ucapan si kecil yang terpatri dalam ingatannya kegiatan PJJ yang bisa dilakukan lagi menjadi sebuah kebanggaan , apalagi dipuji lezat kuenya tampak dia sangat sumringah. Berbalik diri mengenang pelaksanaan PJJ kemarin adakah nilai nilai kehidupan yang masih mampu didingat oleh peserta didikku?. Begitu memenuhi ruang pikirku ada rasa bersalah belum mampu melaksanakan  PJJ dengan persiapan yang lebih baik. Terasa ongkos yang harus ditanggung peserta didik terhadap pelaksanaan PJJ belum terbayar dengan lunas. Semoga jika tahun ajaran baru ini masih menggunakan PJJ maka bisa menjadi lebih baik dengan persiapan yang lebih matang. Aamiin

Mataram Minggu 28 Juni 2020

               


Jumat, 26 Juni 2020

PENTINGNYA SEBUAH BRANDING

                                                                                                                    

BELAJAR MENULIS GELOMBANG 11

RESUME  : 12  Jumat 26 Juni 2020

PERESUME  : Nanik Yuliani, M.Pd

            Malam ini kuliah dimulai 20.30 witeng bersama nara sumber Namin AB Ibnu Solihin, begitu mempesona kisah perjalanan hidupnya dari sejak kecil sudah memiliki rasa ingin mandiri yang luar biasa. Hal itulah yang membuatnya mampu meniti tangga kesuksesan setapak demi setapak yang dimulai dengan sebagai Office boy alias tukang sapu laboratorium computer di sekolah SMK dan  di sekolah dasar disatu lokasi yang sama semasa masih berstatus sebagai pelajar. Dengan melakoni hal hal yang luar biasa hal ini mampu membentuk kepribadiaanya hingga memiliki keterampilan dalam bidang Public Speaking, Leadership, dan Manajemen .

            Hampir 10 tahun lamanya pak Namin memberikan pelatihan gratis, yaitu dari tahun 2004 sampai dengan tahun 2014. Baginya berbagi tidak akan pernah rugi, justru dengan berbagi maka kebahagian akan diperolehnya. Ditahun 2013-2015 bersama dengan teman-teman Komunitas Sejuta Guru Ngeblog memberikan pelatihan Guru Ngeblog Gratis bagi guru di Jabodetak dan juga menjadi Project Manager dalam program Pelatihan menulis bagi guru Teacher Writing Camp (TWC).

            Ditahun 2012 pak Namin mulai melakukan Branding bagi dirinya sendiri, Ilmu Branding dipelajarinya secara otodidak sejak tahun 2007.Selama perjalanan menjadi Guru dan Kepala Sekolah Namin banyak membuat Ide dan Gagasan untuk mengembangkan sebuah sekolah sperti medesign logo, membuat kegiatan yang menarik, dan mendesign kurikulum. Pada awal-awal ide dan gagasanya banyak ditentang oleh pihak-pihak tertentu, karena dianggap keluar dari jalur kebiasaanya, namun lambat laun akhirnya ide dan gagasannya bisa terima dan akhirnya namin berhasil melakukan Re Branding pada berbagai sekolah yang di dampinginya.

            Membranding diri tidaklah mudah, itulah kenyataan yang dialami oleh pak Namin tercatat tahun 2012-2015, melakukan beberapa kali Branding untuk dirinya namun hasilnya tidaklah memuaskan. Pernah membranding dirinya sebagai founder @guruberakhlak dengan mendirikan guruberakhlak.com, founder @gurubicara dengan mendirikan gurubicara.com, founder @bisaberbagi dengan mendirikan bisaberbagi.com, founder @komunitasguruinspiratif dan beberapa branding lainnya.

            Hingga akhirnya ditahun 2014 pak Namin mulai menjadi Trainer dan Motivator Pendidikan secara professional dengan Branding Motivator Pendidikan Kreatif dan membuat blog motivatorkreatif.wordpress.com.Pada tahun itu jadwal trainingnya sudah mulai padat, tema-tema yang dibawakan adalah “Mendidik Dengan Keteladan dan Cinta” tema ini diambil dari buku yang ditulisnya dan tema-tema pendidikan lainnya.

             Hingga akhirnya tahun 2015 harus memutuskan jalan terbaik baginya, dengan prinsip “Wajib dapat uang halal” maka Jabatan Kepala Sekolah, Guru, dan Sertifikasi guru ditinggalkannya, karena  tidak mau mendapatkan uang tersebut sementara dirinya tidak mengajar dan tidak hadir jadi kepala sekolah. Serta dengan atas dasar kemaslahatan yang lebih banyak agar ide dan gagasan dalam dunia pendidikan dapat dirasakan oleh guru diseluruh Indonesia.

             Atas izin serta ridho dari Allah SWT pada tahun 2015 pak Namin melauching program Training, Seminar dan Workshop di website www.motivatorpendidikan.com, sejak saat itulah  dikenal sebagai founder motivatorpendidikan.com.

            Saat ini pak Namin aktif mengajar sebagai dosen tamu dibeberapa perguruan tinggi, dengan mata kuliah Adversity Quotient, Managamen Organisasi, Etika Profesi, Kecakapan Antar Personal, Manajemen Pendidikan Non Formal, Landasan Pendidikan, Metodologi Penelitian dan Mata Kuliah Arsip Elektronik. Dalam mengajar Namin mengembangkan sebuah  konsep yang menarik dengan nama “Mengajar Kreatif Layaknya Kelas-Kelas Training” karena penerapan menagajar yang dinamis dan menyenangkan sehingga pernah mendapatkan penghargaan dosen terbaik pilihan mahasiswa.

            Pengalamanya memberikan training selama kurang lebih 15 tahun terutama dalam dunia  Pendidikan menjadikan Namin kini dikenal sebagai Motivator dan Trainer Pendidikan.  keahliannya pada bidang Personal Develompent, Public Speaking, Creative Teacher, Islamic Parenting, education and technology, Personal Branding, School Branding Potential Development dan Consultant of Islamic education. peserta trainingnya dari  berbagai kalangan mulai dari Pelajar, Mahasiswa, Guru, Orang Tua Kepala Sekolah, Dosen,  Pimpinan Lembaga, Relawan, Remaja Masjid dan berbagai kalangan lainnya.

            Pak Namin  juga telah membagikan secara Gratis lebih dari 250 materi training di slideshare.net, Dilihat oleh lebih dari setengah juta kali dan di download sekitar 7 Ribu kali setiap tahunnya. Linknya sebagai berikut https://www.slideshare.net/mobile/naminsekolahakhlak. Kita bisa berteman melalui media sosial yang saya miliki Instagram @motivatorpendidikancom, saya juga membagikan kegiatan saya di Channel YouTube Motivator Pendidikan Com.

            Dimulai ngeblok gratis 2007 dengan mengisi sebagai curahan hati saja,6 tahun ngeblok dan nulis sekedarnya. Hingga sekarang masih belajar menulis. Selain itu saya juga belajar desainer agar blog tampak menarik. Memanfaatkan blog untuk aktifitas yang positif tidak mengumbar tentang pribadi yang tidak ada hubungannya dengan kegiatan pendidikan. Konsisten dalam bidang yang dikuasai adalah lebih baik.

            Membangun Branding melalui blog dan medsos juga harus selaras dengan kepribadian dan aktivitas yang kita lakukan. Menulis konten blog dengan konsisten pada branding yang kita miliki adalah kewajiban yang harus ditaati. Kalau mau dikenal sebagai pakar pendidikan, ya sudah menulislah tentang dunia pendidikan, kalau ahli dalam menulis puisi ya menulislah puisi. Namun fokuslah dengan yang anda sukai dengan itulah anda dikenal.

            Perjalanan panjang seorang guru blogger haruslah konsisten pada bidang yang dikuasai sehingga mampu mengetahui potensi dan pasion diri sendiri sehingga mampu bermanfaat bagi orang banyak. Buatlah nama blog yang singkat dan mudah diingat. Untuk seorang  blogger pemula jangan berharap komersial dari hal itu namun perlu proses dan proses butuh waktu yang cukup panjang karena proses tidak ada instan.. Jangan cepat berputus asa dengan menulis, teruslah lakukan dan menulislah dengan hati dan berusahalah tulisan kita memberi manfaat bagi orang lain.

TIPS MEMBANGUN BRANDING

1.      Buat nama atau alamat blog  yang mudah diingat ,unik dan  simple

2.      Menulislah konsisten dan sesuai passion

3.      Perbanyak membaca untuk menambah wawasan

4.      Publish potensi terbaik yang anda miliki do  blog

5.      Kelola blog dengan konsisten, bila diperlukan saat merambah nilai ekonomi gunakan desain inovatif dengan Domain Hosting berbayar.

6.      Jangan jadi plagiat atau copy paste tulisan orang lain.

7.      Menulislah dengan PD sesuai kapasitas diri yang anda miliki.

KESIMPULAN

Mulailah menulis dengan apa yang anda sukai, konsisten dan kenali potensi dan passion anda saat menulis diblog. Jangan berpikiran menghasilkan uang namun berpikirlah untuk dapat menghasilkan karya terbaik hal itu akan menjadikan tulisan disukai banyak orang. Hal itu akan menghasilkan rezeki dengan sendirinya. Keajaiban menulis dan ngeblog adalah sebuah proses yang perlu diasah dan  pasti membutuhkan waktu yang tidak singkat. Semoga tulisan ini menjadi inspirasi kita semua. Aamiin

 


HIDUP ADALAH ANUGRAH

KU BERSYUKUR ATAS ANUGERAHMU

            Hari ini sengaja tidak berangkat olah raga pagi karena di hari Sabtu seperti ini anak anak dan mantu serta cucu akan sarapan di rumah sehingga berdua dengan suami menyiapkan sarapan. Masakan favorit anak anak adalah nasi goreng buatan ayah. Pagi itu semangat tampak diwajah ayah karena akan kedatangan keluarga dengan cucu yang masih berusia 10 bulan yang laki laki dan 6 bulan yang perempuan.

            Hidangan nasi goreng telah selesai dibuat oleh ayah, tetap diletakan didalam wajan agar tetap hangat.  Sembari menunggu anak anak datang dilengkapinya menu nasi gorang dengan ceplok telur dan potongan timun. The hangatpun sudah selesai kubuat sambil membereskan rumah kami menunggu kedatangan mereka.

            Tidak terlalu lama merekapun datang satu persatu, merekapun mengobrol di ruang tamu sesaat. Nenek dan kakek menggendong cucu  bersamaan itu pula para mantu menghidangkan sarapan nasi goreng. Mereka pada sarapan bersama seisi rumah meski nenek harus dengan menggendong cucu untuk sarapan bersama MasyaAllah sebuah karunia yang terasa indah menikmati kebersamaan disaat hari libur.  Teringat sebuah ayat alquran yang artinya nikmat Tuhan kamu yang manakah yang engkau dustakan. Ya Allah dengan kebersamaan ini hamba bersyukur atas kesempatan yang Engkau hadirkan

             Hari Sabtu adalah kebersamaan bersama kakek dan nenek namun di hari Minggu adalah milik mereka bersama keluarga kecilnya. Setelah sarapan bersama ada yang berkegiatan mandi bersama dengan sang ayah dan ada yang menonton saja dengan senyum manisnnya

  



    
      
                                                         

Kamis, 25 Juni 2020

JUMAT PENUH BERKAH

JUMAT PENUH BERKAH

            Pagi yang berbeda jumat ini tatkala menyaksikan sekelompok pemuda sedang menggelar barang barang berupa kelengkapan untuk nasi bungkus. Seseorang menyapaku Assalamualaikum ibu selamat pagi sedang oleh raga bu? Sontak tersentak karena dengan masker yang menutupi wajah, saya tidak menandainya. Ternyata yang menegur itu adalah mas Bambams yang mengantar kebutuhan dapur saat keluarga di rumah belanja secara online untuk menghindari keluar rumah. Mas Bambams ini adalah sekelompok anak muda yang kreatif yang berasal dari segala lantar belakang pendidikan ada yang masih SLTA dan  mahasiswa  yang sedang  tidak ada kegiatan di sekolah maupun dikampus. Mereka berkelompok dan membuka lapangan pekerjaan dengan melayani belanja secara online melalui media whatsApp.

            Menakjubkan kelompok anak muda kreatif ini pada saat hari jumat pagi mereka membuka lapak untuk sarapan gratis bagi yang membutuhkan. Begitu mulianya mereka, usaha yang baru dirintis beberapa bulan sudah mampu  berbagi dengan sesama dengan berbagi sarapan gratis atau membayar semampunya. Dengan hidangan yang lumayan menggoda selera, tampak ayam bumbu, telu opor tempe kering manis, tumis kacang panjang tak lupa sambel dan krupuk. MasyaAllah tampak para dhuafa sedang menikmati sarapan dengan pelayanan para pemuda yang ramah. Semoga yang terlihat pagi ini akan membawa spirit positif pagi orang lain.

            Sempat mengobrol sedikit dari mas Bambams bahwa biaya menu yang disajikan  berasal dari keuntungan yang diperoleh selama satu minggu. Disamping itu juga berasal dari tips yang diberikan pelanggan, misalnya konsumen total belanja Rp 95.000 namun konsumen membayar dengan uang bernominal seratus ribuan kembalian diikhlaskan, dari sini juga menjadi sumber dana meski tidak seberapa. Kagum dengan anak muda yang berkelompok di mas Bambams ini betapa tulus hatinya dan kejujuran adalah taruhan yang mereka pertahankan sejak masih usia muda.

            Sengaja saya bertanya mengapa melakukan kegiatan ini jawabannya sungguh menakjubkan menurut para pemuda kreatif ini dengan mereka memberi satu pada para dhuafa yang membutuhkan  maka Allah akan mengganti dengan lebih dari satu. Usaha belanja online yang dirintisnya bisa berjalan lancar juga karena doa mereka. Maka berbagi tidak membuat berkurangnya untung namun semakin bertambah untung kita dan usaha semakin lancar. Semoga Allah memudahkan langkah mulia para pemuda kreatif ini. Aamiin

                                                    Mataram Jumat 26 Juni 2020


Rabu, 24 Juni 2020

TEMAN TERBAIKKU BERPULANG

 Pagi ini setelah berkeliling gang menggerakan kaki sesampai di rumah menyempatkan untuk membuka hp, sungguh sangat mengagetkan membaca berita duka dari grup Magister Pendidikan IPA yang mengabar salah satu sahabat kami anggota grup telah dipanggil menghadap Allah. Tepatnya hari Rabu 24 Juni 2020 pukul 14.00 Witeng namun saya baru membuka whatsApp gurp  pagi ini. Innalillahi wainnailaihi roajiun kepada Allah semua akan kembali. Pemakaman akan dilakukan nanti siang sehabis sholat dhuhur.Semoga engkau mendapatkan tempat terbaik disisi Allah dan husnul khotimah serta keluarga yang ditinggalkan tabah ikhlas atas kehendak Allah Aamiin..
        

Almarhum adalah pegawai Newmount Nusa Tenggara saat menempuh pendidikan S2. Bersama sama saya dengan basic pendidikan biologi, beliau menangani Amdal ( Analisis Dampak Lingkungan ) pada perusahaan pertambangan tersebut. Namun sejak tahun 2010 perusahan tersebut mengurangi jumlah karyawan dengan merumahkan hingga memutuskan hubungan kerja. Praktis almarhum juga terkena dampak tersebut. Namun dengan keahlian dibidangnya almarhum beralih profesi menjadi dosen pada Sekolah Tinggi Ilmu Lingkungan ( STTL ). Disinilah pula almarhum  menghembuskan napas terakhirnya dalam keadaan sedang menguji skripsi mahasiswanya kemudian terjatuh dan meninggal saat perjalanan ke rumah sakit. Mudahnya Allah memanggilmu pertanda engkau  adalah orang baik temanku.
Yang masih teringat saat 2010 menempuh pendidikan Magister IPA di Universitas Mataram almarhum memiliki ananda kembar fraternal yaitu  yang putri bernama Naura yang laki laki saya lupa namanya keduanya adalah murid saya. Keduanya merupakan murid yanng cerdas karena dari dalam rumahnya  literasi adalah menjadi pembiasaan. Saat di kelas 8 beliau memindahkan kedua kembar tersebut ke pondok pesantern di Gontor. Setelah itu saya tidak pernah lagi mengetahui beritanya.
Selain itu saat masih kuliah almarhum adalah oarang yang mudah membantu  dan memberikan pertolongan dengan tugas tugas kuliah tatkala kita sedang dilanda tugas yang padat di sekolah.. Kemampuan IT yang diatas kita semua membuat teman teman sangat terbantu. Apalagi saat bekerja kelompok dengan almarhum hasilnya pasti memuaskan. 
Selamat jalan teman terbaikku kebaikanmu akan memudahkan langkahmu menuju tempat terbaik yang Allah berikan untukmu. Aamiin

                                                                  
                                                                           Mataram Kamis 25 Juni 2020

BERMANFAATLAH BAGI ORANG LAIN


BELAJAR MENULIS GELOMBANG 11

RESUME  : 11

PERESUME  :Nanik Yuliani, M.Pd

            Segudang prestasi telah diraihnya dari menjadi guru hingga menjadi kepala sekolah  dibeberapa SMK berkelas terbaik hingga saat ini kembali menjadi guru telah dilakoninya. Tidak dapat diuraikan satu persatu namun hebat dan sukseslah yang patut disematkan pada bapak Dedi Dwitagama sebagai pemateri malam ini dengan bahasan adalah mendokumentasikan kegiatan melalui blog.

Materi dimulai dengan pengertian blog adalah catatan atau dokumentasi seseorang atau sebuah organisasi yang ditayangkan di internet berbasis web dan bisa diakses oleh orang. Media blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com, yang dimiliki oleh Pyra Labs sebelum akhirnya diakuisisi oleh Google pada akhir tahun 2002. Semenjak itu, banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat sumber terbuka yang diperuntukkan kepada perkembangan para penuli  blog tersebut.

            Tahun 2005 sudah memiliki blog yaitu http://dwitagama.blogspot.com  masih tayang hingga saat ini dan tahun 2007 beralih ke wordpres yaitu http://dedidwtagama.wordpress.com  yang berhasil sukses dengan dilihat  hampir2 juta   kali  dan didikunjungi oleh 600.000 orang, hal itu adalah sebuah prestasi yang gemilang yang menjadi dambaan setiap blogger. Selain kedua blog tersebut pak Dedi juga ngeblog di kompasiana yaitu http://www.kompasiana..com.dwitagama dengan tulisan terakhir adalah tentang balita yang sudah pandai merokok.

            Menurut pemateri manfaat blog yang utama adalah mendokumentasikan kegiatan , perjalanan, ide ide, kegundahan atau apapun mungkin juga yang tak bisa tersampaikan, seperti keranjang yang dititip di dunia maya. Untuk pengaturan waktu menulis di blog beliau mengatakan tidak pernah mengatur waktu namun mengalir saja begitu ada ide langsung menulis jadi tempatnya bisa dimana saja serta waktunya bisa kapan saja kadang saat menunggu anak dilokasi parkir sekolah atau sedang mendengarkan musik di mobil.

Beberapa saran beliau agar mampu meningkatkan kemampuan menulis kita adalah:

1.    Seringlah menulis dengan ide ide yang ada disekitar kita apalagi yang kekinian. Dengan sering menulis akan meningkatkan mutu tulisan kita.

2.     Sering berkunjung ke blog teman sebagai pembanding dan penghilang kebuntuhan pikiran agar tercipta kesegaran pikiran kembali.

3.    3Membalas komentar yang ada di blog kita agar menciptakan motivasi  menulis dan pemberian apresiasi bagi pemberi komentar.

            Manegement waktu bagi beliau sangat terkendali sehingga mampu membuat target untuk sebuah karya yang sangat bagus. Bahkan dari 15 menit yang dimiliki sebelum berakhir jam kerja mampu membuat tulisan yang akan diposting di blog sehingga blog terkelola dengan apik. Menurut beliau tulisan yang menarik adalah bersifat sangat subyektif maka bisa dilakukan dengan cara sederhana yaitu amati tulisan kita, coba tempatkan diri kita sebagai pembaca dan jawab dengan jujur tulisan kita bagus atau tidak atau bisa pula  minta tolong teman atau keluarga untuk menilai. Yang paling penting adalah segera terbitkan jangan diulang ulang untuk diperbaiki karena pasti selalu ada yang kurang

            Dari paparan pemateri dapat disimpulkan antara lain :

1.      Manusia yang baik adalah manusia yang bermanfaat bagi orang lain. Ibarat gajah mati meninggal gading manusia mati meninggalkan kebaikan.

2.      Pemilihan blog tergantung selera namun pilihlah yang up to date yang biasanya memiliki fitur yang lebih komplit.

3.      Ngeblog harus dilakukan rutin dan terus menerus mengikuti tren yang lagi hangat

4.      Berkunjung dan membalas  kunjungan blog adalah sangat berarti bagi kwalitas tulisan kita.

5.      Menulis tidak perlu banyak menanti waktu atau mod segeralah menulis saat ada ide perkaya dengan banyak membaca.

6.      Dokumentasikan semua aktifitas kita baik berupa tulisan maupun foto karena hal itu adalah jejak yang nyata bagi perjalanan kehidupan dan selanjutnya nikmati hasilnya kemudian.

7.      Point bisa diaplikasikan lewat media blog  yang sekarang bisa kita kelola melalui hp apalagi kemudian bisa membuat kita terkenal dan mampu menghasilkan nilai tambah dari sisi ekonomi.

      Materi malam ini sangat menarik dengan penyampaian yang sangat santai namun serius dengan canda yang ringan mungkin karena latar belakang beliau sebagai guru  matematika di SMKN 50 Jakarta. Mari kita kelola blog kita dengan lebih baik dan membuat karya nyata untuk kemajuan anak bangsa. 




Selasa, 23 Juni 2020

NENEK GURU

NENEK GURU

            Setelah aktifitas shubuh kita semua bergegas bersiap untuk melakukan olah raga pagi. Berencana menggunakan sepeda pagi ini namun sepertinya batal karena salah satu roda sepeda kami ada yang kempes maka diputuskan jalan saja. Bertemu dengan beberapa tetangga namun berlawanan arah perjalanan kita. Jalanan semakin ramai sepertinya new normal sudah mulai dijalani. Tampak hampir semua yang ditemui di jalan menggunakan masker. Banyak masker yang dikenakan lucu lucu mereka menyebutnya masker karakter. Menarik sekali karena terlihat terutama anak anak sangat senang memakainya. Yang perlu diberikan pemahaman pada mereka adalah tentang fungsi masker adalah melindungi diri dan orang lain dari bahaya penyebaran virus. Sedang karakter masker adalah bagian dari sekedar pilihan yang disenangi. Yang tidak kalah pentingnya adalah masker tidak boleh bertukar dengan siapapun karena sifatnya adalah sangat pribadi. Mengapa perlunya menanamkan hal ini karena sikecilku mengatakan bagus sekali kalau bertemu orang yang menggunakan masker dengan karakter kartun kesukaanya.

            Berharap keramaian berolah raga pagi dengan mengikuti ajuran kesehatan protokol covid membuat badan lebih bugar. Menyapa beberapa tetangga yang bertemu di jalan adalah bonusnya. Terasa sekali sosial dan fisical distansing yang kita patuhi sehingga kita hanya just see hallo kata orang bule. Mungkin karena belum terbiasa saja jadi terasa aneh. Sepanjang jalan menatap sang surya yang masih malu menampakan sinarnya namun telah nanpak kecantikan semburat warna emasnya mencoba menyelesaikan rute memutar di perempatan untuk arah kembali ke rumah.

            Ditengah perjalanan kembali ditegur seseorang dengan keluarga kecilnya sepertinya saya tidak tanda karena menggunakan masker. Ditengah saya masih berpikir siapa yang menegur ini , dia menyebutkan bahwa dulu murid saya waktu di SMP. Saat ini dia bekerja sebagai dokter di rumah sakit Bhayangkara dan telah memiliki satu orang putra yang akan masuk SMP dan satu oarang putri yang masih sekolah di taman kanak kanak. Terjadi obrolan diantara kami tentang PPDB ternyata sang anak ingin masuk di sekolah sang ayah dulu sekolah. Dengan sistem zonasi maka tidak dapat masuk karena memang bukan zonasinya namun bersyukur anandanya  masuk melalui jalur prestasi karena waktu SD pernah menjadi juara OSN IPA sampai tingkat Propinsi.

            Tidak terasa perjalanan sudah hampir mendekati gang rumah sehingga kitapun berpisah. Sepanjang jalan menuju rumah  kembali kita meriah dengan ada yang saling berkejaran. Namun dalam hati terasa bahwa diri ini sudah tua alias sudah puluhan tahun berprofesi sebagai guru karena setiap kali bertemu dengan siswa  yang sudah berkeluarga bahkan yang anakanya menjadi siswa kita ibaratnya menjadi nenek guru. Kadang rasa itu muncul sebagai spirit untuk mengabdi dengan lebih baik namun ada kalanya muncul diri sudah waktunya menanti pensiun. Namun pagi ini spirit yang muncul adalah ingin berkarya tanpa memikirkan lamanya pengabdian namun ingin mengisi pengabdian ini dengan lebih baik dan bermanfaat untuk sesama dengan nilai positif yang terus bertambah. Mari kita buat minuman pagi sebagai penyemangat hari setelah meminum air putih sebagai penawar haus dan kesehatan tubuh setelah berolah raga. Ya Robbi terimakasih atas berkahMu pagi yang indah ini.

Mataram  Rabu 24 Juni 2020


Senin, 22 Juni 2020

INGIN PRODUKTIF, SIBUKAN DIRI

SIBUKAN DIRI AGAR PRODUKTIF DAN MENDEKATI KEBAIKAN

            Pagi ini terasa lebih dingin dari biasanya tak urung tetap harus berjalan jalan agar mendapatkan kebugaran diri dengan kegiatan yang murah dan meriah. Lumayan dingin terusir juga dan rasa hangat mengalir dengan perlahan. Sang surya telah menampakan sinarnya meski masih malu malu. Suasana di jalan sudah mulai menggeliat lebih banyak orang yang sudah mulai keluar rumah untuk mencari susana baru dalam era new normal. Masih juga ada rasa khawatir tentang keadaan ini apabila melihat banyak orang meski tidak sampai ada kerumunan. Maklum sudah hampir tiga bulan tepatnya kita stay at home. Karena sudah lebih ramai dan badan sudah terasa lebih hangat maka diputuskan untuk pulang.

            Sesampai di rumah sempatkan membuka hp dan membaca tulisan sahabat  guru berprestasi 2014 yaitu bu  Emi Indira SMP N 1 Palu. Ada kata yang sangat menarik yang dikutipnya dari Ahmad Rifai yaitu “ Waktu yang tak terisi dengan kebaikan,sangat rawan terisi oleh keburukan. Waktu yang tidak disibukkan dengan hal produktif rawan terisi oleh hal hal destruktif”. Sungguh kalimat itu lebih tajam dari sebilah pisau yang menancap dengan cukup dalam. Mengaminkan serta mengiyakan bahwa hal itu harusnya menjadi bekal bagi kita semua.

            Maka tebarlah kebaikan agar dijauhkan dari keburukan. Sibuklah dengan hal yang produktif meski diawali dengan hal yang sederhana. Jangan mengeluh jika banyak kesibukan ternyata memang kita harus sibuk agar produktifitas kita tetap terjaga. Jangan terlena jika tidak memiliki kesibukan namun harus berhati hati karena kita tidak terasa tersisipi dalam diri ini hal hal yang bersifat destruktif yang akan merugikan diri kita. Biasanya saya mengeluh jika hari hari penuh dengan kesibukan. Namun pagi ini rasa syukur itu begitu dalam Allah masih memberikan kesempatan untuk sibuk sehingga masih mampu menebar kebaikan dan mencoba untuk produktif.

            Membuat perubahan diri adalah yang utama berubah menuju ke arah yang lebih baik. Tidak terlena dengan keadaan yang melenakan namun berubah untuk menjadi lebih tangguh dalam menebarkan hal hal yang positif terhadap sesama .Dengan membuat tulisan ini semoga selalu teringat bahwa sibuk tertanda kebaikan yang Allah pilihkan untuk hambanya yang berusaha untuk membawa kebaikan. Alhamdulillah semoga Allah selalu membukakan pintu hati kita untuk selalu menikmati kesibukan kita. Aamiin …

                                           Mataram Selasa 23 Juni 2020


TIDAK SEKEDAR 3 MANFAAT

Tidak sekedar 3 manfaat

            Awalnya sekedar iseng mengisi waktu saat  stay at home.  Mencari komunitas yang tidak jauh dari profesi sebagai seorang guru .  Bagai dihadapkan dengan dua pilihan kalau enak dilanjut kalau berkegiatan tidak enak ditinggal saja. Awalnya  ada niatan memperbaiki dan memperkaya pengalaman dalam menulis yang dulu memang hoby namun sudah cukup lama ditinggalkan karena kesibukan tugas ibu rumah tangga maupun tugas di sekolah.Namun setelah bergabung dengan grup niatan itu menjadi berubah dan terbentuk angan yang luar biasa tentang menulis.

            Sebelum mengikuti grup ini saya telah memiliki blog tepatnya sejak tahun 2011 yaitu http://bloglabnanik.blogspot.com namun blog tersebut hanya terdapat beberapa tulisan yang sangat sederhana tepatnya blog itu terbengkalai. Sempat beranggapan bahwa blog tersebut telah hilang karena sudah cukup lama tidak dibuka apalagi diisi. Kenapa hal tersebut terjadi karena saya belum mengetahui manfaat ngeblog dan belum mampu mengelola blog. Namun saat ini saya telah mengetahui manfaatnya meski mengelola tampilan blog masih sangat minim.

            Menulis bagi saya awalnya adalah sebuah kegiatan yang harus memerlukan waktu khusus sehingga kalau kita tidak memiki waktu khusus kita tidak dapat menulis.  Kalau kita sibuk berarti waktu kita habis. Ternyata dari kegiatan ini saya mengetahui bahwa jangan menunggu sampai punya waktu khusus baru menulis namun menulislah setiap hari dan lihatlah keajaiban yang terjadi. Dengan menulis setiap hari ternyata membangkitkan semangat kita dalam menghasilkan sebuah karya yang mungkin serasa masih biasa saja namun bisa saja bagi orang lain merupakan hal yang luar biasa. Dengan menulis setiap hari mencoba memberi arti bagi sesama melalui sebuah tulisan. Berharap progres mutu tulisan akan semakin meningkat sehingga makna yang tersirat mampu ditangkap para pembaca melalui sebuah tulisan. Yang lebih utama adalah menghilangkan rasa rendah diri saat tulisan kita dibaca oleh orang lain.

            Saat menulis selalu terjadi kekhawatiran akan kehabisan ide ternyata dengan bergabung dengan grup ini memberikan contoh semua hal yang ada disekitar kita merupakan sumber ide yang tidaka akan pernah kering.  Perjalanan hidup kitapun dapat dijadikan kisah nyata yang akan mampu menghasilkan sebuah buku. Kisah nyata kehidupan kita juga merupakan perjalanan yang panjang yang jika ditulis juga merupakan sumber ide yang tidak pernah habis. Pandailah mencari inspirasi namun inspirasi yang terbaik adalah yang kita kenali dengan baik. Untuk memperbanyak inspirasi maka banyak membaca adalah kuncinya.


Minggu, 21 Juni 2020

BELUM PUNYA RENCANA

BELUM PUNYA RENCANA

            Pagi ini Senin tepatnya 22 Juni 2020 adalah mulai awal libur sekolah paska kenaikan kelas menurut kalender pendidikan. Terbayang libur di tahun tahun terdahulu jika masuk di hari libur sekolah  begitu banyak rencana dan janji yang akan dikerjakan dan ditepati. Pagi ini  terasa situasi sangatlah berbeda dengan seakan tidak terasa kalau sudah memasuki libur sekolah.

            Selepas aktifitas shubuh sikecil yang mau masuk sekolah dasar berceloteh tentang rencana rencana kalau sekolah barunya sudah mulai. Beberapa rencana terdengar lucu namun trenyuh juga mendengarnya, seperti disebutnya nama teman sekolahnya karena ingin menunjukan tas barunya dan acara kegiatan olah raga dengan sepatu barunya  serta kegiatan imtaq dengan mukena kesayangannya. Trenyuh karena semua itu merupakan kegiatan tatap muka yang belum tahu kepastian kapan akan bisa dilaksanakan karena kita berada di zona merah. Meski new normal sudah mulai dilaksanakan namun berdasar surat edaran kemendikbud no.15 tahun 2020 Maka pembelajaran di rumah akan diperpanjang. Namun meski trenyuh secarah perlahan lahan harus diberikan pemahaman yang sederhana tentang alasan kenapa masih belum bisa sekolah seperti biasanya.

            Dengan merajuknya yang akan masuk sekolah baru dan rasa kasihan melihatnya maka terpikir mendesain kegiatan libur yang terasa sudah sangat panjang karena berada di rumah saja ( Stay at Home ). Jika rencana yang lama selama stay at home pasti sudah bosan maka harus beride untuk dapat melakukan sesuatu yang baru.

            Karena sudah memasuki periode new normal , maka mengawali hari kita mulai dengan jalan jalan seputar rumah yang diselingi dengan bersepeda keliling gang disekitar rumah. Klau kegiatan sebelumnya membuat pernak pernik dari sampah plastik  yang dipadu dengan bubur kertas yang memanfaatkan limbah rumah sendiri. Dalam kegiatan ini berharap mampu menanamkan kecintaan terhadap lingkungan dan pemahaman mengapa sampah plastik harus dikelola dengan baik agar tidak mencemari lingkungan karena plastik memerlukan waktu yang sangat lama bahkan ratusan tahun untuk bisa terurai.dan kembali ke lingkungan. Hasil seperti gambar berikut ini.


        Setelah olah raga pagi sepertinya membuat sarapan pagi adalah kegiatan yang sangat cocokbersama anggota keluarga mencoba memberikan kegiatan yang bermanfaat bagi yang sudah mulai bosan berada di rumah alias pingin ke sekolah.             



Sabtu, 20 Juni 2020

AKTIFKAN OTAK DENGAN MENULIS

BELAJAR  MENULIS GELOMBANG 11
                        RESUME 9
                                                            PERESUME; Nanik Yuliani, M.Pd

            Siska destiana yang lahir di Klaten 12 Desember 1985, yang muda yang cemerlang dengan segudang karya yang patut digali pengalamannya. Meski dengan segudang prestasi namun ibu Siska tetaplah seorang ibu rumah tangga yang memiliki kemampuan sebagai penulis buku (content writer ) dan freelance editor. Meski memiliki 3 orang buah hati dengan yang terkecil berumur 3 tahun namun waktu masih bisa terkelola dengan baik. Terbukti dengan mengalir ide dan prestasi.

            Ibu Siska memiliki beberapa alasan kenapa harus menulis, yang pertama adalah mengikuti sunnah rasul bahwa menulis dalam rangka menguatkan dan mengikat ilmu pengetahuan, tulisan kita merupakan”knwoledge Management”. Kedua adalah dengan tulisan menjadi bukti autentik jejak abadi  yang pernah kita lakukan. Ketiga adalah tulisan kita menjadi hak patent bagi sang penulis. Selain itu tujuan sederhana menulisnya adalah karena senang dan mengaktifkan otak.

                Ragam tulisan yang diperkenalkan ada dua macam yaitu fiksi dan nonfiksi. Nonfiksi adalah tulisan yang berdasarkan fakta dan data yang sesuai realita, yang akan dipertanggung jawabkan oleh penulis.Ragam non fiksi yang cepat dan mudah ditulis  yaitu :

1.      Berita adalah cerita atau keterangan mengenai kejadian atau peristiwa hangat

2.    Esai adalah karangan prosa yang membahas masalah sepintas lalu dari sudut pandang pribadi penulisnya

3.      Catatan Perjalanan adalah tulisan tentang proses sebuah perjalanan atau ulasan tentang apa yang ditemui dalam perjalanan tersebut

4.     Artikel Informatif adalah tulisan yang berisi informasi tentang suatu hal yang bertujuan untuk menambah pengetahuan pembaca. Isinya murni informasi

5. Best Practice adalah tulisan tentang pengalaman terbaik dalam menyelesaikan suatu permasalahan. Biasanya dibuat oleh para pendidik atau mereka yang terlibat dalam dunia pendidikan

     Persiapan yang dilakukan dalam menulis adalah mengeluarkan apa yang berseliweran dipikiran kita. Biasanya menggunakan mind mapping sederhana yang bertujuan agar ketika menulis tidak tersesat dan tidak ada materi yang terlewatkan untuk dituliskan. Biasa juga disebut dengan kerangka kasar tulisan. Setelah semua isi pikiran dikeluarkan lalu disusun dengan meletakkan tepat pada bagian pembuka tengah dan penutup. Setelah semua selesai ditulis kemudian akan diendapkan dulu tulisan minimal 15 menit saja. Tujuan mengendapkan ini adalah untuk mengistirahatkan otak agar lebih fres dan logis. Langkah selanjutnya adalah baca tulisan kita, biasanya setelah otak lebih jernih maka akan lebih teliti saat membaca ulang, juga sekalian self editing kita lakukan terlebih dahulu. Setelah semua oke barulah di posting atau dipasarkan kata singkatnya.

            Tentang menulis fiksi diberikan kiat kiat  pertama, perlu banyak membaca karya fiksi orang lain sehingga memicu otak kita berimajinasi dan membangun cerita yang menarik. Hal yang perlu diperhatikan adalah saat menyajikan konflik jangan sampai tersesat atau hingga terlalu jauh dari realita yang kita sendiri tidak memahaminya. Sebaiknya ambil konflik konflik yang kita kenali yang ada dalam sekitar kehidupan kita inilah inspirasi yang tak akan pernah kering

            Tentang penulisan berita disampaikan bahwa pertama harus terpenuhi yaitu 5W + 1H ( Who, What, When, Where, Why dan How ). berita harus bisa menceritakan siapa melakukan apa, kapan dan di mana dilakukannya, mengapa melakukan itu, dan bagaimana ia melakukannya. Yang kedua adalah tentang faktualisasi dalam berita makin cepat berita dapat dinikmati khalayak maka berita makin diminati. Kemudian faktualitas, ini bicara tentang kebenaran. Jadi sebuah berita harus benar-benar berdasarkan peristiwa nyata. Makin dekat sebuah berita dengan keseharian khalayak, biasanya akan makin diminati. Terakhir, kemampuan menulis kita berbanding lurus dengan kemampuan membaca. s Jadi, makin banyak  membaca berita, maka  akan lebih mudah memproduksi diksi kata yang menarik pada naskah berita kita.

            Untuk menghindari kebuntuan pemikiran saat menulis istilahnya writer block. Bisa kita lakukan googling, ada banyak sekali kiat yang dituliskan para penulis kawakan tentang bagaimana mengatasi hal itu. Dapat pula  rehat sejenak  dan melakukan hal lain yang merupakan hoby. Biasanya setelah itu pikiran jadi jernih kembali. Tilawah Quran juga sangat membantu menstimulasi otak untuk bekerja lebih baik. Jika semua telah berkeseimbangan maka ide akan mengalir kembali seperti aliran air yang gemercik pelan namun pasti menyejukan para pembacanya.