Minggu, 05 Juli 2020

INDAHNYA BERBAGI

RASA SYUKURKU

            Serasa tak lepas dari rasa mensyukuri nikmat Allah disetiap hembusaan napas atas karunia dan kesempatan masih diberikan kehidupan. Memberu langit membentang dengan sinar yang surya yang keemasan, cantik luar biasa namun sedikit orang yang mampu menikmatinya karena kalau tidak hari libur maka kecantikan alam ini terlewatkan karena saat itu sudah harus mempersiapkan diri untuk ke tempat tugas karena saat ini jam menunjukan pukul 06.30 witeng.

            Indahnya sinar mentari yang masih malu menampakan kecantikannya terus menunjukan guratan warna aslinya. Kukayuh sepeda bersama ayah untuk menuju panti jompo yang tidak jauh dari tempat tinggal kami. Sebelumnya kami mampir ditoko serba ada yang buka 24 jam untuk membeli beberapa keperluan.

            Setiap minggu di panti jompo di hari Senin, Rabu dan Sabtu diadakan kegiatan senam lansia. Peserta senam dari warga panti jompo ataupun masyarakat sekitar. Semangat terasa dalam senam pagi bersama para manula ini karena cermin diri langsung nampak pada manula ini. Serasa diri melihat bayangan sejati tentang bagaimana saat diri ini saat seusiaa dengan para warga panti.

            Tanpa terasa air mata berlinang, terbayang betapa sepi kehidupan mereka disaat usia sudah renta. Banyak sekali para warga panti jompo yang sudah hidup sebatang kara atau memiliki anak namun anaknya tidak mau merawat orang tuanya karena adanya konflik dalam keluarganya. Begitu terasa berharganya sebuah keluarga saat usia kita sudah senja seperti warga panti ini. Bersyukur jika kita mampu merawat orang tua kita saat mereka sudah senja. Itulah salah satu pintu surga menurut rosulullah. Pintu surga ada di rumah kita jika kita mampu merawat dan membahagiakan orang tua kita di usia senjanya.

            Hari ini salah satu keluarga ada yang menghatamkan bacaan alquran, kebiasaan yang dilakukan dalam keluarga kami akan menyisihkan rezeki untuk yang kurang beruntung. Hari ini kami memilih untuk berbagi di panti jompo. Warga panti pagi ini kelihatan segar dan semangat berolah raga.

            Inilah kali pertama hadir di panti jompo sejak masa pandemi covid 19. Memang  senam pagi diadakan lagi  sejak 2 minggu yang lalu. Memasuki era new normal untuk mengikuti senam harus mematuhi  protokol kesehatan covid 19.  Beberapa warga panti tampak kesulitan menggunakan maskernya namun mereka tetap nampak gembira mengikuti gerakan senam yang dibimbing oleh instruktur dari petugas panti.

            Alhamdulillah niat sudah tersampaikan semoga para warga panti jompo selalu sehat dan dimasa tuanya selalu banyak tangan orang lain yang memberi kasih sayang meski mereka sudah sebatang kara. Aamiin Yarobbalallamin ….

 

                                                            Mataram  Senin 06 Juli 2020

 


1 komentar: