Senin, 22 Juni 2020

TIDAK SEKEDAR 3 MANFAAT

Tidak sekedar 3 manfaat

            Awalnya sekedar iseng mengisi waktu saat  stay at home.  Mencari komunitas yang tidak jauh dari profesi sebagai seorang guru .  Bagai dihadapkan dengan dua pilihan kalau enak dilanjut kalau berkegiatan tidak enak ditinggal saja. Awalnya  ada niatan memperbaiki dan memperkaya pengalaman dalam menulis yang dulu memang hoby namun sudah cukup lama ditinggalkan karena kesibukan tugas ibu rumah tangga maupun tugas di sekolah.Namun setelah bergabung dengan grup niatan itu menjadi berubah dan terbentuk angan yang luar biasa tentang menulis.

            Sebelum mengikuti grup ini saya telah memiliki blog tepatnya sejak tahun 2011 yaitu http://bloglabnanik.blogspot.com namun blog tersebut hanya terdapat beberapa tulisan yang sangat sederhana tepatnya blog itu terbengkalai. Sempat beranggapan bahwa blog tersebut telah hilang karena sudah cukup lama tidak dibuka apalagi diisi. Kenapa hal tersebut terjadi karena saya belum mengetahui manfaat ngeblog dan belum mampu mengelola blog. Namun saat ini saya telah mengetahui manfaatnya meski mengelola tampilan blog masih sangat minim.

            Menulis bagi saya awalnya adalah sebuah kegiatan yang harus memerlukan waktu khusus sehingga kalau kita tidak memiki waktu khusus kita tidak dapat menulis.  Kalau kita sibuk berarti waktu kita habis. Ternyata dari kegiatan ini saya mengetahui bahwa jangan menunggu sampai punya waktu khusus baru menulis namun menulislah setiap hari dan lihatlah keajaiban yang terjadi. Dengan menulis setiap hari ternyata membangkitkan semangat kita dalam menghasilkan sebuah karya yang mungkin serasa masih biasa saja namun bisa saja bagi orang lain merupakan hal yang luar biasa. Dengan menulis setiap hari mencoba memberi arti bagi sesama melalui sebuah tulisan. Berharap progres mutu tulisan akan semakin meningkat sehingga makna yang tersirat mampu ditangkap para pembaca melalui sebuah tulisan. Yang lebih utama adalah menghilangkan rasa rendah diri saat tulisan kita dibaca oleh orang lain.

            Saat menulis selalu terjadi kekhawatiran akan kehabisan ide ternyata dengan bergabung dengan grup ini memberikan contoh semua hal yang ada disekitar kita merupakan sumber ide yang tidaka akan pernah kering.  Perjalanan hidup kitapun dapat dijadikan kisah nyata yang akan mampu menghasilkan sebuah buku. Kisah nyata kehidupan kita juga merupakan perjalanan yang panjang yang jika ditulis juga merupakan sumber ide yang tidak pernah habis. Pandailah mencari inspirasi namun inspirasi yang terbaik adalah yang kita kenali dengan baik. Untuk memperbanyak inspirasi maka banyak membaca adalah kuncinya.


2 komentar: