Minggu, 21 Juni 2020

BELUM PUNYA RENCANA

BELUM PUNYA RENCANA

            Pagi ini Senin tepatnya 22 Juni 2020 adalah mulai awal libur sekolah paska kenaikan kelas menurut kalender pendidikan. Terbayang libur di tahun tahun terdahulu jika masuk di hari libur sekolah  begitu banyak rencana dan janji yang akan dikerjakan dan ditepati. Pagi ini  terasa situasi sangatlah berbeda dengan seakan tidak terasa kalau sudah memasuki libur sekolah.

            Selepas aktifitas shubuh sikecil yang mau masuk sekolah dasar berceloteh tentang rencana rencana kalau sekolah barunya sudah mulai. Beberapa rencana terdengar lucu namun trenyuh juga mendengarnya, seperti disebutnya nama teman sekolahnya karena ingin menunjukan tas barunya dan acara kegiatan olah raga dengan sepatu barunya  serta kegiatan imtaq dengan mukena kesayangannya. Trenyuh karena semua itu merupakan kegiatan tatap muka yang belum tahu kepastian kapan akan bisa dilaksanakan karena kita berada di zona merah. Meski new normal sudah mulai dilaksanakan namun berdasar surat edaran kemendikbud no.15 tahun 2020 Maka pembelajaran di rumah akan diperpanjang. Namun meski trenyuh secarah perlahan lahan harus diberikan pemahaman yang sederhana tentang alasan kenapa masih belum bisa sekolah seperti biasanya.

            Dengan merajuknya yang akan masuk sekolah baru dan rasa kasihan melihatnya maka terpikir mendesain kegiatan libur yang terasa sudah sangat panjang karena berada di rumah saja ( Stay at Home ). Jika rencana yang lama selama stay at home pasti sudah bosan maka harus beride untuk dapat melakukan sesuatu yang baru.

            Karena sudah memasuki periode new normal , maka mengawali hari kita mulai dengan jalan jalan seputar rumah yang diselingi dengan bersepeda keliling gang disekitar rumah. Klau kegiatan sebelumnya membuat pernak pernik dari sampah plastik  yang dipadu dengan bubur kertas yang memanfaatkan limbah rumah sendiri. Dalam kegiatan ini berharap mampu menanamkan kecintaan terhadap lingkungan dan pemahaman mengapa sampah plastik harus dikelola dengan baik agar tidak mencemari lingkungan karena plastik memerlukan waktu yang sangat lama bahkan ratusan tahun untuk bisa terurai.dan kembali ke lingkungan. Hasil seperti gambar berikut ini.


        Setelah olah raga pagi sepertinya membuat sarapan pagi adalah kegiatan yang sangat cocokbersama anggota keluarga mencoba memberikan kegiatan yang bermanfaat bagi yang sudah mulai bosan berada di rumah alias pingin ke sekolah.             



4 komentar:

  1. Iya bu ..kadang rindu kesekolah bersama lagi dengan siswa ..smg pandemi ini cepat pergi y bu ..biar kita bisa beraktivitas seperti semula

    BalasHapus
  2. Okey Bu e...pasti pd skolah sdh...tp gmn lg...pas idenya Bu...

    BalasHapus
  3. Mudah-mudahan semua kesulitan karena pandemi ini cepat berlalu...

    BalasHapus