Jumat, 12 Juni 2020

GURU NGEBLOG MENGUKIR KARYA


Belajar Menulis  Gelombang 11
Resume Kuliah ke 6
Peresume : Nanik Yuliani, M.Pd

Bambang Purwanto, S.Kom., Gr merupakan guru TIK di SMP Taruna Bakti . Sekolah tersebut merupakan sekolah suasta yang bergengsi di kota Bandung. Menelisik kegiatan Mr.Bams sebagai seorang pendongeng maka sangat menggelitik pikiran saya ternyata seorang pendongeng bukanlah keahlian seorang guru bahasa Indonesia saja. Maka saya sebagai guru IPA bisa juga belajar untuk menghasilkan karya lewat sebuah tulisan yang termuat di blog Berbekal pengalaman sebagai pendongeng dengan nama Ayah Salwa. Maka telah tergambar bagaimana kecintaanya terhadap dunia literasi.
Banyak pengalaman berorganisasi dan memberikan pelatihan merupakan bukti bahwa menjalin kerja sama atau membangun jejaring dengan banyak kalangan adalah sangat penting untuk menunjang profesi dan kecintaanya dalam dunia pendidikan. Semua itu dibuktikan dengan banyaknya prestasi dan penghargaan yang telah diraihnya
Mr. Bams mulai membuat blog sejak 2008 saat diterima mengajar di SMP Taruna Bakti sebagai guru TIK. Banyak karya yang telah dihasilkan diantara menjadi juara pada lomba guru inspiratif Een Sukaesih 2019. Contoh Blog yang dikelola Mr.Bams-PENA MR.BAMS yang saat ini sudah memiliki banyak pengunjung dan bahkan telah mampu menghasilkan rupiah. Dimana hal itu merupakan tujuan kelima dari tujuan membuat Blog oleh MR.BAMS. sedangkan tujuan pertama adalah sebagai guru TIK harus memiliki blog dan tujuan kedua adalah sebagai penggiat literasi juga harus punya blog yang ketiga aadalah berbagi pengalaman serta menyimpan tulisan sepanjang zaman ( bukan sepanjang hayat ). Dari tujuan tersebut ada beberapa yang sama dengan tujuan saya.
Blog bisa diisi apa saja sesuai dengan keinginan kita yang utamanya beprinsip mampu membantu orng lain, tidak saja yang berisi tentang ilmu pengetahuan namun mampu menginspirasi orang lain. Selain blog MR.BAMS juga mengguluti dunia menulis terbukti dengan telah diluncurkannya sebuah buku seperti dibawah ini
Dengan motto sederhana Lakukanlah apa yang mau dan bisa kita lakukan. Banyak orang yang bisa tapi kadang tidak mau melakukannya. Bermodal mau maka kita akan menjadi bisa. Sungguh kalimat ini membuat relung hati dan pikiran bertanya bagaimanakah aku?. Telah kucari didasar hati mampukah kumaknai dengan sebuah bukti dan cukupkah modal yang kumiliki yaitu kemauan untuk membuat aku bisa berkarya.
Dengan demikian untuk membuktikan aku bisa, maka belajar dan belajar serta melatih diri untuk menulis setiap hari adalah hal yang harus dilakukan demi sebuah perubahan diri. Dengan ikut meramaikan per blogkan kita dapat manfaat diantaranya bisa menyimpan tulisan kita dan bisa dibaca orang lain, melatih menulis sehingga jadi terbiasa menulis yang paling bermakna adalah membangun kepercayaan diri melalui tulisan.
Setelah kita menulis di blog tentunya kita ingin orang lain membaca atau mengunjungi blog kita caranya adalah tergabung dengan komunitas ( komunitas menulis atau komunitas pendidikan yang lain ), sering memperkenalkan blog kita kepada orang lain melalui media sosial seperti FB, WA, IG , rajin berkunjung ke blog orang lain  dan yang tak kalah pentingnya adalah buatlah blog kita untuk membantu orang lain.
Maka guru sebagai ujung tombak pencetak generasi penerus bangsa memliki tantangan yang semakin luar biasa , membiasakan menulis adalah bagian dari keterampilan yang harus diperhatikan. Caranya  bisa dengan menulis di blog, mengirim tulisan ke media cetak ( koran, majalah,media on line  kemudian membuat buku ). Buatlah blog yang dikelola dengan sepenuh hati. Tidak hanya memenuhi target. Akan tetapi tumbuh dan perkembangan blog bisa menjadi cerminan pemiliknya. Berbagilah kebaikan dngan cara apapun termasuk dengan media blog. Setiap orang punya potensi yang luar biasa, maka galilah dan kembangkan.

5 komentar: