Jumat, 05 Juni 2020

Menerbitkan Hasil PTK


Belajar menulis gelombang 11
Pertemuan          : Rabu 3 Mei 2020 ( Kuliah kedua )
Waktu                : Pukul 19.00 – 21.00 WIB
Pemateri            : Hati Nurahayu ( Bandung )
Moderator         : Fatimah ( Aceh )
Tema                 : Menerbitkan hasil PTK
Peresume           : Nanik Yuliani, M.Pd
            Menulis Penelitian Tindakan kelas ( PTK ) untuk setiap guru bukanlah sesuatu yang baru bagi seorang guru. PTK dibuat harusnya berdasarkan masalah yang ada didalam proses belajar mengajar yang dihadapi sehari hari oleh guru. Namun kenyataannya tidak semua guru memiliki semangat yang sama dalam hal ini. Terbukti dengan banyaknya guru dengan golongan tertentu yang bercokol bahkan sangat lama karena untuk kenaikan pangkat ke jenjang berikutnya harus dengan menggunakan PTK. Padahal PTK bisa dibuat dengan bersamaan kita menyelesaikan tugas sebagai pendidik.
            Bersyukur mendapat kesempatan belajar menulis bareng Om Jay ternyata ada materi bagaimana cara menerbitkan hasil PTK. Selama ini PTK tinggalah sebuah laporan yang digunakan untuk kenaikan pangkat dan tidak terpikirkan bahwa bisa dibuat sebagai buku yang dapat dibuat menarik layaknya bacaan yang ringan dan santai. Sehingga mampu membawa banyak manfaat bagi orang lain.
            Mengubah PTK menuerut ibu Hati Nurahayu memiliki dua versi susunan agar dapat terbaca dengan indah dan menarik tentunya. Yang pertama menggunakan kerangka untuk PTK untuk dijadikan sebuah buku namun diperkaya pada muatan nilai ekonomi agar Nampak bukan sebuah penelitian misalnya dengan mereduksi judul agar tampak lebih menarik.Agar pembaca tidak menganggap penelitian banget. Yang kedua menuliskan judul dengan sederhana seakan akan di dalamnya bukan sebuah penelitian namun sebuah cara kerja yang tersusun sistematis .
            Bagaimanakah sebenarnya buku PTK itu, tentu bukan sesuatu yang mudah untuk menerjemahkan bahasa penelitian ke dalam bentuk bahasa popular agar tampak ringan dan digemari. Menurut Bu Hati Nurahayu setiap penulis memiliki ke khasan masing masing dalam gaya penyampaian bahasanya namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu  ada bagian yang dibuang yang membuat tulisan Nampak terlalu resmi missal pendahuluan dibuat mengalir saja. Pembahasan perlu diperkuat , Isi materi harus diperbanyak agar kaya dan dapat menambah khasanah keilmuan.Diupayakan dengan bahasa yang mudah dipahami oleh para pembaca dan yang tak kalah pentingnya jumlah halaman yang ideal berkisar kurang lebih 70 halaman.
            Terimakasih kepada ibu pemateri atas  penjelasan yang sangat berharga semoga menulis PTK tidak menjadikan momok bagi para guru. Aamiin
           


1 komentar:

  1. Penelitian tindakan kelas ( PTK ) yg biasa utk kenaikan pangkat namun melalui pengalaman meresume materi tsb semoga peresume mdpt ilmu utk menerbitkan mjd buku semua PTK yg dimiliki

    BalasHapus