Jumat, 26 Juni 2020

PENTINGNYA SEBUAH BRANDING

                                                                                                                    

BELAJAR MENULIS GELOMBANG 11

RESUME  : 12  Jumat 26 Juni 2020

PERESUME  : Nanik Yuliani, M.Pd

            Malam ini kuliah dimulai 20.30 witeng bersama nara sumber Namin AB Ibnu Solihin, begitu mempesona kisah perjalanan hidupnya dari sejak kecil sudah memiliki rasa ingin mandiri yang luar biasa. Hal itulah yang membuatnya mampu meniti tangga kesuksesan setapak demi setapak yang dimulai dengan sebagai Office boy alias tukang sapu laboratorium computer di sekolah SMK dan  di sekolah dasar disatu lokasi yang sama semasa masih berstatus sebagai pelajar. Dengan melakoni hal hal yang luar biasa hal ini mampu membentuk kepribadiaanya hingga memiliki keterampilan dalam bidang Public Speaking, Leadership, dan Manajemen .

            Hampir 10 tahun lamanya pak Namin memberikan pelatihan gratis, yaitu dari tahun 2004 sampai dengan tahun 2014. Baginya berbagi tidak akan pernah rugi, justru dengan berbagi maka kebahagian akan diperolehnya. Ditahun 2013-2015 bersama dengan teman-teman Komunitas Sejuta Guru Ngeblog memberikan pelatihan Guru Ngeblog Gratis bagi guru di Jabodetak dan juga menjadi Project Manager dalam program Pelatihan menulis bagi guru Teacher Writing Camp (TWC).

            Ditahun 2012 pak Namin mulai melakukan Branding bagi dirinya sendiri, Ilmu Branding dipelajarinya secara otodidak sejak tahun 2007.Selama perjalanan menjadi Guru dan Kepala Sekolah Namin banyak membuat Ide dan Gagasan untuk mengembangkan sebuah sekolah sperti medesign logo, membuat kegiatan yang menarik, dan mendesign kurikulum. Pada awal-awal ide dan gagasanya banyak ditentang oleh pihak-pihak tertentu, karena dianggap keluar dari jalur kebiasaanya, namun lambat laun akhirnya ide dan gagasannya bisa terima dan akhirnya namin berhasil melakukan Re Branding pada berbagai sekolah yang di dampinginya.

            Membranding diri tidaklah mudah, itulah kenyataan yang dialami oleh pak Namin tercatat tahun 2012-2015, melakukan beberapa kali Branding untuk dirinya namun hasilnya tidaklah memuaskan. Pernah membranding dirinya sebagai founder @guruberakhlak dengan mendirikan guruberakhlak.com, founder @gurubicara dengan mendirikan gurubicara.com, founder @bisaberbagi dengan mendirikan bisaberbagi.com, founder @komunitasguruinspiratif dan beberapa branding lainnya.

            Hingga akhirnya ditahun 2014 pak Namin mulai menjadi Trainer dan Motivator Pendidikan secara professional dengan Branding Motivator Pendidikan Kreatif dan membuat blog motivatorkreatif.wordpress.com.Pada tahun itu jadwal trainingnya sudah mulai padat, tema-tema yang dibawakan adalah “Mendidik Dengan Keteladan dan Cinta” tema ini diambil dari buku yang ditulisnya dan tema-tema pendidikan lainnya.

             Hingga akhirnya tahun 2015 harus memutuskan jalan terbaik baginya, dengan prinsip “Wajib dapat uang halal” maka Jabatan Kepala Sekolah, Guru, dan Sertifikasi guru ditinggalkannya, karena  tidak mau mendapatkan uang tersebut sementara dirinya tidak mengajar dan tidak hadir jadi kepala sekolah. Serta dengan atas dasar kemaslahatan yang lebih banyak agar ide dan gagasan dalam dunia pendidikan dapat dirasakan oleh guru diseluruh Indonesia.

             Atas izin serta ridho dari Allah SWT pada tahun 2015 pak Namin melauching program Training, Seminar dan Workshop di website www.motivatorpendidikan.com, sejak saat itulah  dikenal sebagai founder motivatorpendidikan.com.

            Saat ini pak Namin aktif mengajar sebagai dosen tamu dibeberapa perguruan tinggi, dengan mata kuliah Adversity Quotient, Managamen Organisasi, Etika Profesi, Kecakapan Antar Personal, Manajemen Pendidikan Non Formal, Landasan Pendidikan, Metodologi Penelitian dan Mata Kuliah Arsip Elektronik. Dalam mengajar Namin mengembangkan sebuah  konsep yang menarik dengan nama “Mengajar Kreatif Layaknya Kelas-Kelas Training” karena penerapan menagajar yang dinamis dan menyenangkan sehingga pernah mendapatkan penghargaan dosen terbaik pilihan mahasiswa.

            Pengalamanya memberikan training selama kurang lebih 15 tahun terutama dalam dunia  Pendidikan menjadikan Namin kini dikenal sebagai Motivator dan Trainer Pendidikan.  keahliannya pada bidang Personal Develompent, Public Speaking, Creative Teacher, Islamic Parenting, education and technology, Personal Branding, School Branding Potential Development dan Consultant of Islamic education. peserta trainingnya dari  berbagai kalangan mulai dari Pelajar, Mahasiswa, Guru, Orang Tua Kepala Sekolah, Dosen,  Pimpinan Lembaga, Relawan, Remaja Masjid dan berbagai kalangan lainnya.

            Pak Namin  juga telah membagikan secara Gratis lebih dari 250 materi training di slideshare.net, Dilihat oleh lebih dari setengah juta kali dan di download sekitar 7 Ribu kali setiap tahunnya. Linknya sebagai berikut https://www.slideshare.net/mobile/naminsekolahakhlak. Kita bisa berteman melalui media sosial yang saya miliki Instagram @motivatorpendidikancom, saya juga membagikan kegiatan saya di Channel YouTube Motivator Pendidikan Com.

            Dimulai ngeblok gratis 2007 dengan mengisi sebagai curahan hati saja,6 tahun ngeblok dan nulis sekedarnya. Hingga sekarang masih belajar menulis. Selain itu saya juga belajar desainer agar blog tampak menarik. Memanfaatkan blog untuk aktifitas yang positif tidak mengumbar tentang pribadi yang tidak ada hubungannya dengan kegiatan pendidikan. Konsisten dalam bidang yang dikuasai adalah lebih baik.

            Membangun Branding melalui blog dan medsos juga harus selaras dengan kepribadian dan aktivitas yang kita lakukan. Menulis konten blog dengan konsisten pada branding yang kita miliki adalah kewajiban yang harus ditaati. Kalau mau dikenal sebagai pakar pendidikan, ya sudah menulislah tentang dunia pendidikan, kalau ahli dalam menulis puisi ya menulislah puisi. Namun fokuslah dengan yang anda sukai dengan itulah anda dikenal.

            Perjalanan panjang seorang guru blogger haruslah konsisten pada bidang yang dikuasai sehingga mampu mengetahui potensi dan pasion diri sendiri sehingga mampu bermanfaat bagi orang banyak. Buatlah nama blog yang singkat dan mudah diingat. Untuk seorang  blogger pemula jangan berharap komersial dari hal itu namun perlu proses dan proses butuh waktu yang cukup panjang karena proses tidak ada instan.. Jangan cepat berputus asa dengan menulis, teruslah lakukan dan menulislah dengan hati dan berusahalah tulisan kita memberi manfaat bagi orang lain.

TIPS MEMBANGUN BRANDING

1.      Buat nama atau alamat blog  yang mudah diingat ,unik dan  simple

2.      Menulislah konsisten dan sesuai passion

3.      Perbanyak membaca untuk menambah wawasan

4.      Publish potensi terbaik yang anda miliki do  blog

5.      Kelola blog dengan konsisten, bila diperlukan saat merambah nilai ekonomi gunakan desain inovatif dengan Domain Hosting berbayar.

6.      Jangan jadi plagiat atau copy paste tulisan orang lain.

7.      Menulislah dengan PD sesuai kapasitas diri yang anda miliki.

KESIMPULAN

Mulailah menulis dengan apa yang anda sukai, konsisten dan kenali potensi dan passion anda saat menulis diblog. Jangan berpikiran menghasilkan uang namun berpikirlah untuk dapat menghasilkan karya terbaik hal itu akan menjadikan tulisan disukai banyak orang. Hal itu akan menghasilkan rezeki dengan sendirinya. Keajaiban menulis dan ngeblog adalah sebuah proses yang perlu diasah dan  pasti membutuhkan waktu yang tidak singkat. Semoga tulisan ini menjadi inspirasi kita semua. Aamiin

 


4 komentar: