Selasa, 30 Juni 2020

PERUBAHAN BIROKRASI

BIROKRASI NEGARAKU

          Tidak disadari bahwa data tahun lahir kartu tanda penduduk (KTP) milik bungsuku tahun lahirnya tidak sesuai dengan yang sebenarnya atau yang tertera di akta kelahirannya. Memang tidak sempat mengecek saat menerima KTP di tahun yang lalu, diketahui saat mengisi data untuk kebutuhan online ternyata terjadi ketidak sesuaian. Karena KTP harus di scan sehingga harus mengurus ulang untuk penerbitan KTP yang baru.

      Mumpung hari libur kutemani bungsuku mengurus perbaikan KTP ke kantor Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Dukcapil). Saat dalam perjalanan terbayang keribetan pengurusan, maklum sudah cukup lama tidak pernah lagi mengurus administrasi untuk kebutuhan keluarga. Ternyata kantor Dukcapil sudah menempati tempat yang baru , sayapun baru tahu. Memang setelah kejadian gempa bumi 2018 yang menimpa kota Mataram banyak kantor yang rusak parah dibangun kembali namun di areal yang berbeda.

          Mengambil no antrian untuk mengurus penggantian dokumen dikelompokan pada bagian B, sedang bagian A adalah pengusulan dokumen baru. Dapat no antrian 19, sabar kita harus budaya antir dengan tertib. Tidak terlalu lama sampai juga giliran kami. Maksud disampaikan pada petugas dengan menyerahkan KTP dan kartu keluarga yang asli, tidak sampai 10 menit selesailah dan KTP siap diambil nanti jam 12 siang.

          Kebetulan rumah kami tidak terlalu jauh dengan kantor Dukcapil, maka kami putuskan  pulang dulu, baru nanti kembali lagi setelah jan 12 siang. Alhamdulillah birokrasi di negara ini sudah berubah mulai lebih baik. Semoga saja semua lini kepengurusan kebutuhan adminstrasi masyarakat menjadi semakin lebih baik. Majulah Indonesiaku tangguhkan diri dalam era globalisasi.

                                                                          

                                                                             Mataram Rabu 1 Juli 2020


Tidak ada komentar:

Posting Komentar