Selasa, 02 Juni 2020

Belajar Menulis Bersama Om Jay


Resume Materi Kuliah Pertama belajar Menulis Bersama Om Jay
Senin 1 Juni 2020
Awalnya menulis hanyalah melanjutkan hoby yang sudah puluhan tahun tidak pernah lagi dilakukan. Karena setelah menikah dan sibuk dengan urusan rumah tangga hoby ini tidak dapatkan porsi waktu. Saat SMA dan kuliah menyalurkan hoby dengan menulis cerpen di majalah Anita diera tahun delapan puluhan.
Sebenarnya saat menggeluti menulis kembali ada rasa tidak percaya diri karena sudah hampir dua puluh lima tahun menulis ini ditinggalkan. Menyimak kisah Om Jay dengan segudang prestasi yang diraih, dengan keuletan dalam menulis dan tak bosan untuk mengasahnya dengan melalui banyak membaca Serta satu lagi banyak berbagi ilmu dengan orang lain ternyata membuat karya menjadi berkah dan membawa manfaat untuk keluarga.
Sangat membutuhkan keuletan dan keajegkan untuk mampu membuahkan karya yang spektakuler kata orang proses tidak akan mengingkari hasil. Segala yang berproses hampir dapat dipastikan berbuah manis. Mengapa berbuah manis karena hal itu butuh disiplin diri dan motivasi diri yang tinggi hingga mampu menjadikan menulis harian sebagai prioritas. Tidak semua orang dapat melakukan hal tersebut terutama saya, namun tekad yang kuat akan mencoba untuk menulis harian. Dengan belajar dan banyak membaca serta mendengarkan persoalan persoalan yang terjadi disekitar dan yang saya alami sehari hari untuk dituangkan dalam bentuk tulisan.
Terkadang muncul rasa tidak percaya diri atas yang sudah tertuliskan, karena saya adalah guru IPA pastilah guru Bahasa Indonesia saat membaca tulisan saya akan terasa lucu karena mungkin saja tidak sesuai dengan kaidah bahasa. Namun  hal itu malah membuat saya ingin belajar  kaidah bahasa Indonesia. Saran Om Jay juga agar membangun  rasa percaya diri kita dalam menulis dapat diasah dengan sering memberikan komentar di blog orang lain.
Dalam materi  pertama dalam belajar menulis  yang disampaikan pada tanggal 1 Juni 2020 ini banyak inspirasi yang muncul dari pengalaman Om Jay diantaranya disadari atau tidak kegiatan membuat buku memerlukan waktu yang cukup lama serta proses yang cukup panjang. Namun dengan memulai menulis setiap hari maka prose situ akan mampu kita lewati seiring dengan perjalanan waktu itu sendiri. Selain itu kegiatan menulis membutuhkan kolaborasi dengan seseorang agar tulisan kita dapat dinikmati oleh pembaca dengan nikmat yaitu editor. Misalnya dalam ke-empat buku Om Jay yang berjudul catatan harian seorang guru blogger, keterampilan menulis siswa, blogger ternama dan menulislah setiap hari dan buktikan apa yang terjadi dapat tersaji dengan apik dan bisa dinikmati pembaca tak lepas peran editor.
Berkaryalah dengan selalu mengasah kemampuan diri dengan berproses. Semangat untuk menulis harus tetap terjaga agar karya mengalir dengan gemilang dan akan indah pada waktunya. Laluilah proses dengan baik agar hasil yang diperoleh memuaskan. Bukan yang penting berkarya namun karya harus dianggap penting agar hasilnya mampu mencuri perhatian orang lain sehingga menjadi berharga dan memiliki nilai yang lebih dalam segala hal.
 Semoga motivasi dan semangat menulis akan terus terpelihara. Paling tidak sebagai penulis pemula dalam blog dapat menyalurkan hoby menulis. Ke depannya memiliki harapan untuk mampu mengangkat blog sebagai media alternative untuk pembelajaran daring. Sehingga mampu bermanfaat pada peserta didik demi lancarnya proses belajar daring.


8 komentar:

  1. Balasan
    1. Terimakasih ... semoga bisa terjaga semangat kita

      Hapus
  2. Suka sekali dengan insight nya buk.
    Keuletan dan keajegan memang barang mewah yang harus diperjuangkan ya buk.

    BalasHapus
  3. Ok..mntpp..bu..maaf dasar backgroundvwarnanya yg lbh..terang..trims

    BalasHapus