Rabu, 17 Juni 2020

MENULISLAH DENGAN SEPENUH HATI



MENULISLAHLAH DENGAN SEPENUH HATI

BELAJAR MENULIS GELOMBANG 11

RESUME KE 8

PERESUME  : Nanik Yuliani, M.Pd


Muda dengan segudang prestasi itulah yang patut disematkan untuk ibu guru Theresia Sri Rahayu, S.Pd.SD.  Lahir di Kuningan tepatnya  13 September 1984 yang saat ini bertugas mengajar di SDN Waihibur – Kabupaten Sumba Tengah Nusa Tenggara Timur. Di usia mudanya ibu Tere telah banyak mengikuti lomba dengan memperoleh kejuaraan baik dalam bidang menulis maupun prestasi seputaran aktifitas guru sebagai pendidik. Cemerlang dan bersemangat dalam beraktifitas itulah ungkapan yang tepat.

            Pengalaman menulis resume kuliah adalah bahasan utamanya pada kuliah ke 8 ini. diawali
sekitar bulan Februari, ibu Tere melihat salah satu postingan teman di FB tentang resume dari kegiatan belajar menulis bersama Om Jay. Sehingga bergabung dalam grup Belajar Menulis Gelombang 4. Pada kelas tersebut harus sudah memiliki blog untuk memposting resume setiap setelah perkuliahan. Saya memiliki blog sudah lama yaitu http://cekgutere.blogspot.com. Baru di isi sekitar bulan Oktober setelah termotivasi oleh seorang teman yang juga merupakan seorang blogger.  Lalu mencoba mencari informasi serta tips dan trik mudah membuat resume. Bahkan Om Jay sempat memberikan referensi cara membuat resume yaitu dengan membaca resume dari salah satu peserta pelatihan menulis gelombang sebelumnya atau blog walking untuk memperkaya kreatifitas.

 Hal yg menjadi kebanggaan sebagai blogger pemula adalah ketika resume yang kita buat lalu kita posting di blog, dibaca oleh orang lain bahkan diberikan komentar. Saat itu, penulis pun tertarik untuk memasang gadget statistik di laman blognya yang bertujuan terus memantau trafik pengunjung blognya. Bahkan melihat banyaknya viewer yang membaca tulisannya. Ini adalah contoh artikel yang dibuat dan dilihat oleh ribuan pembaca https://www.cikgutere.com/2020/04/download-gratis-materi-belajar-di-rumah.html?m=1 . Sedangkan ini resume yg paling banyak viewernya yaitu 720 orang https://www.cikgutere.com/2020/04/semua-guru-bisa-jadi-gupres-ini-caranya.html?m=1

            Penulis memliki dua motivasi didalam menulis yaitu sharing/berbagi dan berprestasi. Dengan motivasi tersebut lahirlah beberapa karya sebagai sebuah prestasi diantaranya:
1. Resume tercepat : https://www.cikgutere.com/2020/03/gas-gere-berani-menulis-berani.html?m=1
2. Resume terbaik : http://www.cikgutere.com/2020/04/strategi-pemasaran-buku-yang-efektif.html
3. Tulisan terbaik dan inspiratif : https://www.cikgutere.com/2020/05/belajarlah-menulis-dari-kartini-dan-ukirlah-sejarah-karyamu.html?m=1
4. Penghargaan sebagai blogger inspiratif dr Ikatan Guru TIK dan Penerbit Andi Yogyakarta.
Ternyata, benar yang dikatakan oleh Om Jay, "Menulislah Setiap Hari dan Buktikan Keajaibannya".  dengan menulis resume. Keajaiban itu datang ketika Prof. Rinchardus Eko Indrajit. Sebagai pemateri, beliau menantang kami peserta Belajar Menulis  untuk menulis buku dalam waktu seminggu. Setelah melewati proses bimbingan dari beliau juga penguatan dari Om Jay, buku karya kolaborasi dengan Prof. Richardus Eko Indrajit dengan judul "Belajar Semudah Klik, Membangun Ekosistem Ubiquitous Learning Dalam Konsep Merdeka Belajar". Dinyatakan diterima dan diterbitkan oleh Penerbit Andi Yogyakarta yang merupakan salah satu penerbit mayor.

Untuk dapat mengikuti jejak ibu Tere. Maka dibagikan tips menulis resume ala Cikgu Tere :
1. Menulis resume sesegera mungkin, selagi topik itu hangat. Tujuannya agar tidak semakin banyak uraian yang terlewat.
2. Menulis resume sesuai degan gaya menulis kita sendiri. Just be your self.
3. Tangkap point penting materi dari narasumber, modifikasi dengan kalimat sendiri (jangan asal copas materi dari chat)
4. Gunakan pengantar yang menarik sebelum masuk di isi resume sehingga pembaca memiliki keinginan membaca tulisan kita.
5. Gunakan heading dan sub heading agar resume terkesan lebih rapi tatanannya. Selain itu, penggunaan heading dan sub heading akan membantu pembaca
memahami struktur tulisan.
6. Tulislah resume dengan sepenuh hati. Bukan karena sekedar ingin mengerjakan tugas dari Om Jay. Ketika kita sudah menulis resume dengan sepenuh hati, maka pasti kita akan melakukan effort yang lebih dari orang lain / blogger yang lain.
7. Cari informasi terkait narasumber yang akan kita tulis materinya melalui resume. Semakin kita lengkap dalam memberikan gambaran narasumber, maka point kita akan menjadi lebih baik dari pada  peresume yang lain. Caranya : stalking akun medsos narasumber (FB, instagram, dll)
8. Gunakan aplikasi atau alat - alat lain yg mendukung kita dalam menulis resume, misalnya jika ada narasumber yang memberikan materi melalui youtube, maka putar videonya di hp, sambil ketik resumenya. Atau jika ada narasumber yang  menyampaikan materi melalui voice note, gunakan aplikasi voice to text uuntuk mengubahnya menjadi text.
9. Lakukan blog walking untuk mencari informasi yang  mungkin terlewat serta mencari inspirasi menulis.
                  Pada prinsip belajar menulis akan membuat kita lebih terampil dalam menulis. Tak bosan berlatih adalah kinci utamanya agar tulisan lebih bermutu. Tulisan bermutu adalah sebuah proses, selain itu untuk mengetahui tulisan kita bermutu atau tidak sebaiknya dikirim ke majalah atau blog kounitas seperti komposiana atau gurusiana. Agar tidak timbul rasa minder maka harus kembali meluruskan niat bahwa kita menulis untuk berbagi. Jika kita ikhlas maka pelan pelan perasaan minder akan hilang.
                  Dalam mencetak karya yang berkwalitas tentulah melalui sebuah proses dan pasti akan memerlukan waktu dalam menyelesaikannya oleh karena perlu kita pandai mengatur waktu agar tugas dan kewajiban kita yang utama dapat seiring sejalan dan tetap bersemangat. Saat membuat judul sebuah tulisan sebaiknya mengundang rasa penasaran pembaca namun perlu hati hati agar pembaca tidak kecewa. Untuk menjaga motivasi dan inisiatif menulis terus terjaga adalah dengan dipaksa, lalu terpaksa dan lama lama bisa terbiasa menulis, inilah rumus sederhananya. Setalah mampu menghasilkan karya maka harapan terbesar adalah mampu meningkatkan profesionalisme sebagai seorang guru. Karena tulisan kitapun dapat dibawa ke dalam kelas belajar kita.

                  Kegiatan menulis resume memiliki banyak manfaat diantaranya  menambah pengetahuan, mengikat sari - sari ilmu, dan menajamkan pola berpikir kita. Jika kita mengaktifkan diri menulis resume dengan baik dan sepenuh hati, niscaya banyak keajaiban akan terjadi. Maka, buktikanlah sendiri. Mari tetap berkarya dalam menulis agar mutu tulisan menajadi meningkat dan lebih menarik.

5 komentar:

  1. Lanjut bu ..tetap semangat menulis ..

    BalasHapus
  2. Mari berkarya dengan menulis setiap hari semangaaat bu Nanik šŸ’•

    BalasHapus
  3. Pengalaman menulis makin luar biasa, maju terus abaikan kendala yg ada semoga makin sukses aamiin YRA

    BalasHapus