Senin, 15 Juni 2020

GURU NGEBLOG "KEREN"


BELAJAR MENULIS GELOMBANG 11

RESUME KULIAH KE 7

PERESUME :Nanik Yuliani, M.Pd

        Sebagai guru diusia yang masih sangat muda Raimundus Brian yang akrab dipanggil Brian memiliki hoby ngeblog sejak 2009 di blogger.com. berawal dari peserta pada sebuah kegiatan kemudian bergerak untuk membantu teman yang kesulitan dalam membuat/menggunakan blog. Mengapa tertarik membantu karena ingin memiliki banyak teman teman guru blogger. Mas Brian ingin bapak/ibu tidak merasa bahwa blog itu media yang sulit digunakan. Muncul kekhawatir jika kesulitan yang dialami tak kunjung mendapat solusi, bapak/ibu akan meninggalkan blog. Guru blogger memerlukan grup apabila ingin tetap eksis.

            Sebenarnya membuat blog atas ajakan teman artinya bukan keinginan sendiri sehingga sempat mengalami kebingungan akan memposting apa pada blog. Namun tetap ngeblog sampai sekarang karena adanya motivasi. Awalnya motivasi berorentasi pada hasil yang dicapai namun saat ini berorientasi pada  target. Dengan terpenuhinya target target yang kita tetapkan sendiri semangat untuk ngeblog tetap terjaga.

            Motivasi menurut mas Brian ada dua yaitu dari hasil ngeblog dan target ngeblog. Namun yang perlu dibangun adalah target ngeblog diantaranya mengasah kemampuan menulis hingga hingga menerbitkan buku. Blog digunakan sebagai tempat kita menulis. Hasil ngebolg itu adalah sebuah bonus jadi tidaklah perlu terlalu berharap.

            Kurangnya ide tulisan kerap menjadi hambatan kita dalam berkarya. Jangan menunggu sampai ide itu hadir namun lebih baik menulis dari kisah kehidupan kita sehari hari. Apalagi kita seorang guru yang berhadapan dengan berbagai macam karakter peserta didik hal itu merupakan sumber ide yang tidak akan pernah kering.

            Memilih blog hanyalah tergantung selera sehingga yang dikenal pertama kali biasanya yang membekas dan akan dipelajarinya sampai terbiasa dan nyaman. Jadi tidak perlu membandingkan antara blogger dan wordpress, yang terpenting adalah pilihlah salah satu dan gunakan secara konsisten. Diperkenalkan pula tampilan blogger.com yang baru agar kita dapat terbiasa dengan tampilan tersebut.

            Untuk tehnik pengisian blog banyak diberikan secara video tutorial hal ini sangat membantu karena langsung bisa dipraktekan dan diulang ulang jika masih belum paham. Video tutorial yang diberikan bisa diikuti dengan baik dan mampu menjadi solusi yang selama ini dihadapi seperti memasukkan gambar ke dalam blog kita atau juga mecopy dokumen berbentuk word ke blog karena beberapa kali membuat resume ketikan di blog menjadi berantakan saat kita hanya mengcopy paste seperti biasa. Maka bisa langsung dipraktekan saat memngisi blog dengan resume ke 7.

            Selain sebagai blogger juga sebagai penulis salah satu karyanya adalah berjudul Blog Untuk Guru Era 4.0 Yang berisikan segalanya tentang blog jika ingin jadi guru blogger harus baca. Sejak ngeblog dari 2009 telah membuat banyak blog untuk berbagai kepentingan. Beberapa buku solopun sudah diterbiatkan diantaranya seperti gambar berikut

Sudah menjadi rahasia umum bahkan menjadi sebuah tren bahwa kumpulan tulisan di blog dapat dibukukan. Membukukan tulisan blog akan lebih mudah jika blog memiliki niche. Niche adalah istilah yang merujuk pada tema khusus yang digunakan pada seluruh postingan suatu blog. Contoh niche blog yaitu pendidikan, kesehatan, buku, otomotif, fashion, kuliner, travelling, dan lain sebagainya. Blog dengan niche pendidikan maka semua tulisannya berkaitan tentang pendidikan..

Buku memerlukan sebuah tema. Walaupun isinya berupa kumpulan berbagai artikel, diperlukan satu tema besar yang menjadi benang merahnya. Blog dengan niche akan memudahkan. Blog pendidikan tentu seluruh artikelnya tentang pendidikan. Maka buku yang akan terbit bertema pendidikan.

Dalam uraian jawaban pertanyaan bahwa memiliki blog lebih dari satu boleh boleh saja asal konsisten dalam mengelolanya. Blog bisa digunakan sebagai media daring disaat PJJ pandemi covid 19. Dengan menggunakan blog guru bisa mengisinya dengan administrasi persiapan mengajar ataupun alat evaluasi, yang jelas guru  harus banyak belajar tentang mengelola blog sehingga blog akan tampil menarik. Dengan tampilan maupun isi blog yang up to date pasti blog kita akan banyak dikunjungi orang. Selain itu seringlah memposting nama blog kita keberbagai gurp yang kita miliki oleh karena itu sebuah grup sangatlah penting sebagai seorang bloger.

Menulis di blog bisa menjadi modal awal untuk membuat kumpulan tulisan kita menjadi buku. Jangan sampai kesulitan dalam ngeblog membuat kita menyerah menulis. Kita beruntung tergabung dengan grup ini sehingga bisa saling membantu dan mendukung, Menulislah dengan lepas tanpa beban bahwa apakah tulisan kita sudah bagus atau belum, atau akan banyak yang baca atau tidak biarkan saja .Hal biasa menurut kita bisa dianggap luar biasa bahkan menginspirasi orang lain. Maka menulislah dan jangan bosan untuk tetap belajar.

 

2 komentar: