Rabu, 24 Juni 2020

BERMANFAATLAH BAGI ORANG LAIN


BELAJAR MENULIS GELOMBANG 11

RESUME  : 11

PERESUME  :Nanik Yuliani, M.Pd

            Segudang prestasi telah diraihnya dari menjadi guru hingga menjadi kepala sekolah  dibeberapa SMK berkelas terbaik hingga saat ini kembali menjadi guru telah dilakoninya. Tidak dapat diuraikan satu persatu namun hebat dan sukseslah yang patut disematkan pada bapak Dedi Dwitagama sebagai pemateri malam ini dengan bahasan adalah mendokumentasikan kegiatan melalui blog.

Materi dimulai dengan pengertian blog adalah catatan atau dokumentasi seseorang atau sebuah organisasi yang ditayangkan di internet berbasis web dan bisa diakses oleh orang. Media blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com, yang dimiliki oleh Pyra Labs sebelum akhirnya diakuisisi oleh Google pada akhir tahun 2002. Semenjak itu, banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat sumber terbuka yang diperuntukkan kepada perkembangan para penuli  blog tersebut.

            Tahun 2005 sudah memiliki blog yaitu http://dwitagama.blogspot.com  masih tayang hingga saat ini dan tahun 2007 beralih ke wordpres yaitu http://dedidwtagama.wordpress.com  yang berhasil sukses dengan dilihat  hampir2 juta   kali  dan didikunjungi oleh 600.000 orang, hal itu adalah sebuah prestasi yang gemilang yang menjadi dambaan setiap blogger. Selain kedua blog tersebut pak Dedi juga ngeblog di kompasiana yaitu http://www.kompasiana..com.dwitagama dengan tulisan terakhir adalah tentang balita yang sudah pandai merokok.

            Menurut pemateri manfaat blog yang utama adalah mendokumentasikan kegiatan , perjalanan, ide ide, kegundahan atau apapun mungkin juga yang tak bisa tersampaikan, seperti keranjang yang dititip di dunia maya. Untuk pengaturan waktu menulis di blog beliau mengatakan tidak pernah mengatur waktu namun mengalir saja begitu ada ide langsung menulis jadi tempatnya bisa dimana saja serta waktunya bisa kapan saja kadang saat menunggu anak dilokasi parkir sekolah atau sedang mendengarkan musik di mobil.

Beberapa saran beliau agar mampu meningkatkan kemampuan menulis kita adalah:

1.    Seringlah menulis dengan ide ide yang ada disekitar kita apalagi yang kekinian. Dengan sering menulis akan meningkatkan mutu tulisan kita.

2.     Sering berkunjung ke blog teman sebagai pembanding dan penghilang kebuntuhan pikiran agar tercipta kesegaran pikiran kembali.

3.    3Membalas komentar yang ada di blog kita agar menciptakan motivasi  menulis dan pemberian apresiasi bagi pemberi komentar.

            Manegement waktu bagi beliau sangat terkendali sehingga mampu membuat target untuk sebuah karya yang sangat bagus. Bahkan dari 15 menit yang dimiliki sebelum berakhir jam kerja mampu membuat tulisan yang akan diposting di blog sehingga blog terkelola dengan apik. Menurut beliau tulisan yang menarik adalah bersifat sangat subyektif maka bisa dilakukan dengan cara sederhana yaitu amati tulisan kita, coba tempatkan diri kita sebagai pembaca dan jawab dengan jujur tulisan kita bagus atau tidak atau bisa pula  minta tolong teman atau keluarga untuk menilai. Yang paling penting adalah segera terbitkan jangan diulang ulang untuk diperbaiki karena pasti selalu ada yang kurang

            Dari paparan pemateri dapat disimpulkan antara lain :

1.      Manusia yang baik adalah manusia yang bermanfaat bagi orang lain. Ibarat gajah mati meninggal gading manusia mati meninggalkan kebaikan.

2.      Pemilihan blog tergantung selera namun pilihlah yang up to date yang biasanya memiliki fitur yang lebih komplit.

3.      Ngeblog harus dilakukan rutin dan terus menerus mengikuti tren yang lagi hangat

4.      Berkunjung dan membalas  kunjungan blog adalah sangat berarti bagi kwalitas tulisan kita.

5.      Menulis tidak perlu banyak menanti waktu atau mod segeralah menulis saat ada ide perkaya dengan banyak membaca.

6.      Dokumentasikan semua aktifitas kita baik berupa tulisan maupun foto karena hal itu adalah jejak yang nyata bagi perjalanan kehidupan dan selanjutnya nikmati hasilnya kemudian.

7.      Point bisa diaplikasikan lewat media blog  yang sekarang bisa kita kelola melalui hp apalagi kemudian bisa membuat kita terkenal dan mampu menghasilkan nilai tambah dari sisi ekonomi.

      Materi malam ini sangat menarik dengan penyampaian yang sangat santai namun serius dengan canda yang ringan mungkin karena latar belakang beliau sebagai guru  matematika di SMKN 50 Jakarta. Mari kita kelola blog kita dengan lebih baik dan membuat karya nyata untuk kemajuan anak bangsa. 




6 komentar: