BELAJAR MENULIS GELOMBANG 11
RESUME : 18
PERESUME : Nanik Yuliani, M.Pd
Bapak Agust Subardana, SE.,M.M.,CDS dengan jabatan
sebagai direktur pemasaran Penerbit Andi menyatakan bahwa penerbit sangat
merasakan dampak yang ditimbulkan oleh pandemi covid 19. Karena banyak orang
yang tidak pergi ke toko buku karena himbauan untuk tetap di rumah atau stay at
home. Pandemi menyumbang hingga 80% penurunan omset penerbitan bahkan banyak
penerbit yang tutup total
Dari dampak pandemi covid 19 ini penerbit perlu melakukan terobosan penyesuaian yaitu menuju era digital dengan mengurangi kontak langsung karena adanya anjuran untuk faktor kesehatan. Perbukuan harus menyesuaikan dengan era tersebut yaitu dengan digital marketing. Untuk mampu bertahan dengan meningkatkan penjualan maka perlu terobosan dalam berbagai lini seperti dalam gambar berikut
Manfaat dari digital marketing adalah :
Beaya lebih relatif terjangkau atau
murAH.
- Daya jangkauan sangat luas
- Mudah menentukan target pasar buku yang akan kita tawarkan sesuai kategori.
- Komunikasi dengan konsumen lebih mudah
- Mudah di evaluasi dan dikembangkan
- Lebih cepat populer.
- Sangat membantu meningkatkan penjualan
Strategi pemasaran penjualan buku sangat dipengaruhi
oleh banyak aspek dan unik hal ini karena banyaknya kategori buku, dari jenis
buku akan kita lakukan pemetaan sehingga strategi pemasaran pada umumnya
dipengaruhi oleh 2 faktor. Faktor mikro
dan faktor makro. Faktor mikro meliputi perantara, pemasok, pesaing dan
masyarakat. Sedang faktor makro meliputi demografi, ekonomi, politik, hukum,
tehnologi dan sosial budaya.
Strategi
pemasaran yang telah diambil oleh penerbit Andi adalah strategi pemasaran buku
serangan udara melalui pemasaran buku dengan online serta melalui komunitas.
Sedangkan strategi pemasaran serangan
darat melalui toko buku dengan mengadakan event menarik serta directselling.
Cara mempertahan kanpemasaran di era
pandemi adalah :
- Selalu memasarkan buku yang tercepat dan tepat sasaran.
- Mengadakan penawaran dengan promo khususuntuk menarik perhatian konsumen dan meningkatkan penjualan.
- Menjadi Brand yang tanggap situasi dan menumbuhkan empati
- Menggunakan email marketing untuk berinteraksi langsung dengan pelnggan
- Menargetkan pelanggan secara personal melalui digital marketing
- Strategi marketing secara kontinyu
- Konten marketing yang menarik
Kesimpulan paparan malam ini sangat menggugah dan
menginspirasi bagaimana semangat bertahan dalam pandemi yang kita semua tidak
tahu kapan akan berakhir.
Luar biasa..sangat bermanfaat tulisannya 💞
BalasHapusMantap, singkat, dan padat..
BalasHapusMantap bu
BalasHapusResumenya menginspirasi bun.
BalasHapusSemangat utk menghasilkan karya bun...
BalasHapusMantul
salam literasi... semangaat
BalasHapusSemangat bu Nanik ..resumenya padat berisi
BalasHapusResume yg bermamfaat sbg penuntun untuk sebuah prestasi di era menghadapi pandemi covid 19, semoga mjd modal utk menulis dan menulis
BalasHapus