Kamis, 23 Juli 2020

MENULIS SEMUDAH CHATING


BELAJAR MENULIS GELOMBANG 11

RESUME : 21

HARI/TANGGAL : Jumat, 17 Juli 2020

PERESUME : Nanik Yuliani, M.Pd

    Trainer Amir Faisal, Business Inspirator CN, Praktisi Bisnis dan konsultan marketing  beberapa perusahaan besar dan ternama dan sukses pada perusahaan besar. Hingga kini telah puluhan ribu orang yang mengikuti pelatihannya, mulai dari Pejabat Pemerintah, BUMN, Owner, Pimpinan dan Karyawan Perusahaan Suasta, Praktisi Bisnis, Dosen, Guru, Wakil Rakyat, Pimpinan Lembaga hingga para Mahasiswa.

    Pengalaman profesionalnya dimulai sejak lulus dari Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro (1990), bekerja di Tanah Mas Group, Branch Manager PT. Pantai Raja Makmur (1997) di Pekanbaru Riau. Kemudian pada saat krisis moneter 1998 mengundurkan diri dari perusahaan dan membangun usaha sendiri.   

   

        Bapak Amir Faisal seorang Narasumber hebat yang banyak menerbitkan buku. Malam hari ini beliau akan memaparkan materi tentang Platform Digital (PD). Menulis Buku Semudah Chatting, menyampaikan materinya melalui tayangan video youtube pribadinya. Ada sebanyak 12 video yang akan beliau berikan. Beliau menjelaskan Platform Digital adalah practicing (no teori). Mari kita perhatikan tips- tipsnya yang diberikan melalui video sbb :

         Amir Faisal seorang trainer yang sudah memiliki kurang lebih 70 artikel. Pengalaman Pak Amir Faisal sebagai penulis gramedia bukan jalan yang mudah untuk dilewati. Bapak Amir Faisal memiliki latar belakang yang sama sekali tidak ada hubungannya dengan dunia tulis-menulis. Setelah resign dari sebuah perusahaan nasional dengan jabatan marketing selama 8 tahun, beliau mencoba membuka usaha sendiri juga selama 8 tahun. Membuka usaha operasional seorang diri sangat melelahkan. Bapak Amir Faisal mencoba dunia yang baru yaitu menjadi konsultan.

          Agar bisa membagikan ilmunya lebih luas lagi, beliau harus bisa dikenal oleh khalayak ramai dengan cara harus memiliki personal branding. Salah satu tekad beliau adalah menulis buku dan harus bisa diterbitkan oleh penerbit nasional seperti gramedia. Gramedia sudah memiliki ribuan outlet di seluruh Indonesia.

          Jika salah satu tulisan kita bisa masuk dalam penerbit gramedia maka buku kita akan bertahan sampai 6 bulan, terlebih lagi jika banyak yang membeli maka buku kita akan bisa bertahan selama 2 tahun. Jika buku kita bukan terbitan  dari penerbit nasional seperti gramedia grup,maka buku kita hanya bertahan 2 minggu saja di toko. Buku karya Pak Amir Faisal yang berjudul Think Like A milioner adalah buku ke -9 yang diterbitan penerbit yang bukan gramedia tetapi bisa bertahan selama 2 tahun dan terpajang di rak best seller.

        Pengalaman Pak Amir di atas dapat diambil hikmahnya, bahwa janganlah berkecil hati meskipun beliau tidak pernah berhubungan dengan dunia tulis menulis dan tidak pernah bersetuhan dengan dunia pendidikan. Beliau tetap bisa menulis buku pendidikan dan diterbitkan oleh gramedia group.

       Yang perlu kita ketahui dan ingat ketika ingin menerbitkan buku di Gramedia Grup adalah Gramedia itu sebuah korporasi bisnis dengan orientasinya menjual dan kita harus bisa memberikan keuntungan dan  kenali genre kita dalam menulis.

Hasil reset diketahui bahwa buku yang paling laris di gramedia adalah buku novel, buku travelling, buku komik, dan buku motivasi. Lebih baik lagi jika kita bisa menggabungkan ketiganya, insya allah dapat memberikan edukasi yang bermanfaat.

       Bagaimana cara membongkar mindset ketika merasa takut menulis dan grogi menulis. Hambatan yang paling dirasakan dalam menulis biasanya teori dalam keilmuan suatu bidang. Sehingga begitu banyak pikiran sebagai akademisi yang akan membuat kita stress dan menjadi kurang kreatif.

Salah satu trik jitu agar kita bisa menulis dengan mengalirkan ide kreatif secara cepat yaitu gunakan Teknik Freewriting. 

    Freewritiing adalah menulis dengan bebas. Inti dari skill menulis adalah kebebasan. Ketika kita tdk terikat oleh batasan-batasan  yang diluar dan merasa bebas dalam mengungkapkan hal apapun maka kita akan bisa menuangkan ide kreatif dengan mengalir begitu saja.  

      Jika kita bisa menulis di whatsapp, mengobrol dengan panjang lebar, memarahi anak/suami/istri dengan panjang lebar artinya saraf linguistik kita sangat baik dalam memproduksi kata dalam menulis. Stop hanya untuk berbicara atau mengobrol, tulislah, berhentilah marah kepada anak atau istri di rumah, namun tulis dan tulislah.

        Hal yang dapat kita lakukan untuk dapat melatih rasa percaya diri dalam menulis adalah coba menulis hal yang bak-baik dan positif pada orang lain. Tulis kebaikan suami, anak, atau teman anda. Tulislah pada kertas folio besar dan tunjukkan tulisan kita itu kepada orang tersebut. Hal yang lain dapat kita lakukan adalah tulislah dream (mimpi) anda.

         Tulislah apa saja yang anda inginkan, yang ingin dicapai, yang menjadi mimpi kita kemudian tulis dan tulislah seindah-indahnya. Biasanya segala sesuatu yang menyangkut tentang perasaan powernya akan tinggi, otak akan bekerja dengan kekuatan maksimal.

        Mulai sekarang tulislah hal apapun, baik unek-unek ataupun hal lainnya, tidak perlu berpikir yang tinggi, lepaskan semuanya. Menulis itu mudah dan gampang, biasakan terus setiap hari. Sesuatu kebiasaan yang menyenangkan nanti akan membuat kita ketagihan dalam menulis.

          Menurut pakar menulis bahwa dalam menulis itu tidak ada kata salah dan kata jelek, ketika ada salah mengetikpun biarkan menjadi pengalaman.  Menulislah sesuai dengan perasaan hati kita, tak perlu memperhatikan teori apapun lalu jadikanlah kebiasaa. Prinsip penulis hebat dunia penganut freewriting sebagai berikut

a.                     Menulis itu sebagai pengungkapan dari segala perasaan hati. Ketika kita pernah merasa bersalah dan tidak mungkin menyampaikan kepada orang lain maka bisa kita lakukan dengan menuliskannya.

b.   Menulis itu adalah sebuah karya otak yang holistik. Tulisan yang mengandung emosi maka kekuatan otak kita menjadi sangat tinggi

c.        Banyaklah membaca agar memperkaya kosakata dan khasanah. Fokuslah membaca buku yang sesuai dengan genre kita. Dengan banyak membaca maka ketika kita menulis kata per kata akan mengalir dengan sendirinya.Tulisan yang bagus itu tulisan yang mengalir begitu saja sehingga ketika dibaca terasa nyaman Tidak ada aturan dalam menulisBagaimana cara memahami pikiran dan menghipnosis pembaca  Ketika pembaca, membaca tulisan atau buku kita, apa yang ada dalam pikiran dan persepsinya belum tentu sama dengan kita. Ada dua hal alasannya, yaitu Pertama : Pembaca mempersepsikan sesuai dengan peta pikiran dan pengalaman referensi yang mereka alami tentang hal yang kita bicarakan, padahal kita  mempunyai persepsi sendiri yang berbeda. Kedua : Filter dalam memandang orang lain. Ketika penulis kurang terkenal maka filternya makin kuat. Perlu strategi tertentu untuk menyamakan persepsi kita dengan pembaca. Agar pembaca respon terhadap tulisan kita antara lain : 

  1. Tulislah hal-hal yang sedang aktual dan ramai dibicarakan. 
  2. Tulisan kita berkaitan dengan pengalaman pribadi yang unik dan menarik. 
  3. Kenalkan temuan atau ilmu baru yang belum banyak diketahui oleh khalayak umum. 
  4. Gunakan sudut pandang yang baru dalam menyampaikan tulisan kita

  Sesi tanya jawab tergambar pertanyaan yang sangat beragam dan mencerminkan sebuah pengalaman menulis dari para peserta belajar menulis. Pertanyaan diawali dengan Tulisan yang disukai pembaca adalah buku yang bisa menembus critical area pembaca adalah buku-buku yang mengandung inspiratif, unique, sensasional, kontroversi, mengandung misteri, problem solving, dan mengikuti trend pasar. Selanjutnya bagaimana garis besar teknik riil hipno writing misalnya membuat narasi manfaat, keuntungan, harapan, menyanjung, memberi model, dll. Bagaimana cara  menuntaskan tulisan dibagian ending pada situasi  hilangnya ide, sibuk memikirkan isi tulisan agar tidak lari dari tema, dan hal yang lainnya. Jika sedang menulis jangan terlalu banyak mikir, mengalir saja seperti sedang curhat dalam hati. Setelah tulisan kita selesai baru dibaca ulang dan ditambah atau dikurangi ( direvisi ). Sebaiknya cari model di media, gaya-gaya penulisan yang viral dan disukai orang banyak. Kemudian pilih yang genrenya paling cocok dengan selera kita.

        Dari uraian di atas dapat kita ambil penggalan sebagai kesimpulan yaitu           sebagai berikut :

  •    Menulislah dengan ide-ide kreatif secara lepas menggunakan tehnik Freewraiting ) dan tidak terikat dengan teori dalam berbagai bidang keilmuan.
  •      Upayakan menulis sesuai dengan genre kita dan tulislah semua hal yang kita fahami    dan kuasai. 
  •      Buatlah personal branding untuk meyakinkan penerbit ternama seperti Gramedia dalam menerbitkan tulisan kita untuk bisa meningkatkan motivasi dan kepercayaan diri.
  •     Menulis itu adalah sebuah pengungkapan segala perasaan hati yang merupakan karya otak bersifat holistik.
  •      Perbanyak membaca untuk memperkaya kosakata dan khasanah 
  •   Berusaha mengangkat hal-hal yang actual dan sedang ramai dibicarakan khalayak sehingga lebih mudah mendapatkan minat para pembaca. 
  •    Menulislah hal yang baru ( keterkinian yang belum banyak diketahui  khalayak umum dan bersifat unik serta menarik. 
  •     Tulisan yang bagus adalah tulisan yang mengalir begitu saja dan nyaman dibaca oleh para pembaca.

 

 

 

 

 

 

1 komentar: