Selasa, 14 Juli 2020

MENULIS ITU MUDAH


BELAJAR MENULIS GELOMBANG 11

RESUME :19

PERESUME : Nanik Yuliani, M,Pd

Disampaikan : Senin 13 Juli 2020

            Paparan materi malam ini disampaikan oleh Drs. Jumanto, M.Pd seorang berlatar pendidikan sarjana magister pendidikan bahasa dan sastra Indonesia alumni Pasca sarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta yang saat ini menjabat sebagai pengawas sekolah di kabupaten Rembang. Laki laki kelahiran Sragen yang tahun ini genap berusia 54 tahun  

Memiliki segudang prestasi  dalam bidang menulis buku mata pelajaran baik untuk jenjang SMP maupun SMA, selain itu juga menulis buku fiksi. Gemerasn menulisnya diawali dengan kegemaran menulis puisi, menurutnya menulis puisi adalah proses menulis yang paling mudah karena semua keadaan bisa diguratkan dengan makan tersirat maupun tersirat dalam sebuah puisi.

Perjalanan pemateri diawali pada tahun 2004 diberikan tantangan oleh Prof. Dr. Sarwiji Suuwandi, untuk menulis Buku Ajar. Dengan bimbingan beliau,  dapat menyelesaikan 3 buku ajar untuk SMP dan 5 buku ajar untuk SMA. Buku-buku tersebut dinilaikan ke Pusat Perbukuan. Proses selanjutnya harus belajar mengedit berdasarkan catatan-catatan dari tim penilai. Setelah proses penilaian buku selesai dan buku sudah mendapatkan SK penetapan, maka buku siap diterbitkan.

            Tantangan baru datang dari Bapak Direktur Penerbit SIC. Kata beliau, bapak Jumanto cocok menjadi marketing. Profesi itupun dijalani rangkap bersamaan dengan PNS. Pemerintah meluncurkan istilah BSE. Buku-buku ajar yang ditulis oleh penulis buku secara indi maupun lewat penerbit dan lulus penilaian dibeli oleh pemerintah.Buku tersebut diberi HET. Pihak ketiga boleh mencetak buku tersebut dengan harga yang telah ditentukan oleh pemerintah. Di masa buku BSE tersebut

             Dengan kebijakan pemerintah tersebut bapak Jumanto mendirikan penerbit untuk mengajukan izin mencetak  BSE. Pengalaman dari penulis, editor, marketing, manager. Keempat aktivitas ini dilakukan sampai sekarang. Di PGRI Jateng mendapat tugas sebagai Ketua Badan Penerbitan PGRI Jateng dengan Penerbit PGRI Jateng Press yang siap membantu menerbitkan buku Bapak Ibu penulis pemula sebagai syarat pada jenjang karir.

            Dari menulis Buku bapak Jumanto mendapatkan pendapatan pasif yang jumlahnya lebih besar dari Gaji Guru PNS. Selama masa kerja 30 tahun mendapatkan reputasi dan karir.  Masa kerja guru PNS 8 tahun sudah diangkat menjadi pengawas. Dengan menulis hati selalu riang yang dapat menginspirasi ketiga putra putrinya untuk semangat berprestasi. Namun dukanya ada beban jika meninggalkan tugas mengajar di saat harus menghadiri undangan pelatihan. Jarak tempuh tempat tinggal dengan kantor penerbit jauh sehingga hanya tidur rata rata sehari 3 jam.

            Menulislah dan segeralah menulis itulah yang disarankan oleh bapak Jumanto.Menulis itu mudah, ide ada dimana mana inspirasi muncul dimana mana. Jika inspirasi muncul disaat kita sibuk tulislah pokok pokonya yang nantinya menjadi sebuah outline.

            Outline adalah langkah awal dari menulis namun sebelumnya tentukan dulu jenis buku yang ditulis dan diperuntukan siapa buku yang akan ditulis. Berdasarkan UU No 3 tahun 2017 tentang perbukuan dinyatakan bahwa buku dibedakan atas bentuk yaitu cetak atau elektronik. Jenis yaitu Pendidikan dan umum, Isi yaitu berisi ilmu pengetahuan informasi dan hiburan.

            Perjenjangan buku nonteks mengacu pada singkatan warna pelangi yaitu MEJIKUHIBINIU yaitu warna Merah untuk untuk 0-3 tahun dangan menempati pada tangga terbawah yaitu dengan buku yang bergambar dengan warna warna yang cerah setara paud. Jingga untuk 4-6 tahun dengan menggunakan gambar dipadukan dengan tulisan setara TK. Kuning untuk 7-9 tahun setara SD kelas 1sd 3 format teks dipadukan dengan didekatkan kepada gambar. Hijau 9-12 tahun kategori membaca lancar setara denga SD kwlas 4-6 yang sudah memuat informasi dengan pemahaman yang lebih.Biru 12-15 tahun membaca lanjut setara dengan SMP/MI kelas 7-9 yang sudah lebih bervariatif. Nila 15 -18 tahun membaca mahir setara dengan SMA yang sudah memaknai sebuah tulisan. Ungu diatas 18 tahun yaitu membaca kritis setara diatas SMA. Menulis itu mudah mari menulis langsung menulis.

Adapun kesimpulan paparan malam ini adalah :

1.    Menulislah menulis dan menulis

2.      Tulislah tema-tema yang ada di sekeliling kita.

3.      Jagalah motivasi kita dalam menulis agar kita tetap bersemangat menulis.

4.      Sebagai Guru banyak ide yang dapat ditulis menjadi buku. Setiap KD dapat dikembangkan menjadi 1 buku pengayaan.

5.      Buatlah outline agar tulisan terarah dan konseptual,  tulisan memiliki hubungan timbal balik yang disajikan dengan baik. Outline memudahkan penulis menciptakan klimak yang berbeda-beda. Dengan outline akan menghindari penggarapan topik lebih dari dua kali atau lebih dan outline memudahkan penulis mencari materi pembantu.

6.      Di saat menulis hindari niat untuk mengoreksi atau mengedit. Tulis terus ide yang sedang membara.

7.      Buku yang kita tulis sesuaikan dengan masa perkembangan bahasa calon pembaca buku kita. Sesuaikan dengan jenjang buku sesuai UU no 3 tahun 2017 tentang Perbukuan.

8.      Di masa sekarang banyak materi yang dapat kita kembangnya menjadi buku pengayaan terutama untuk membantu anak dalam kegiatan pembelajaran jarak jauh.

9.      Kendala kita dalam menulis adalah Malas. Kita memiliki pengetahuan dan keterampilan menulis tetapi kita malas menulis.

10.  Untuk menjadi penulis bukan ditentukan bakat. Menjadi penulis karena kemauan kita untuk menulis menulis dan menulis akhirnya terampil menulis

 

 


11 komentar:

  1. Betuuuul👆menulis karena kemauan kita....yuuuuk lanjutkan

    BalasHapus
  2. Oke sippp...kita semngat teruss👏👏👏

    BalasHapus
  3. Oke punya. Semangat terus, Bu Nanik. Gb!

    BalasHapus
  4. Salut ..inspirasi ..padat berisi ..slm sukses bu

    BalasHapus
  5. Bagus bu resumenya, semangat menulis bu 👍

    BalasHapus
  6. Resumnya bagus. Tetap semangat ibu. Salam literasi🙏🙏🙏

    BalasHapus
  7. keren

    http://elanjaelanialfatih.blogspot.com/2020/07/resume-kuliahelanpertemuan-ke-1913-juli.html

    Kpd Yth: Bapak/ Ibu Penulis, dipersilahkn untuk mampir. smg brmnfaat.

    BalasHapus