Sabtu, 26 Desember 2020

WEBINAR P2BIF

                         WEBINAR P2BIF

        Pagi setelah olah raga pagi segera berbenah dan mandi untuk persiapan sholat dhuha dan akan mengikuti kegiatan webinar P2BIF  yang diadakan oleh P2BPF Jawa Tengah.

    
        P2BIF merupakan Perhimpunan Pendidik Biologi Indonesia Folia. P2BIF terdapat tingkat nasional maupun di setiap propinsi untuk kali ini penyelenggara webinar adalah P2BIF cabang Jawa tengah. Tema webinar pagi ini adalah STEM AT HOME. 
        Kegiatan webinar kali ini sungguh sangat menarik materinya untuk saya karena saya belum memahami betul tentang STEM. Pemateri tunggal yaitu ibu dosen UNS yang disampaikan denganlugas dan sangat jelas.
        WEBINAR STEM MASA PANDEMI COVID 19 merupakan titik tekan untuk membuat alternatif PJJ tidak membosankan dan bisa dijadikan alternatif untuk memcahkan kebosanan peserta didik di masa pandemi ini. Meski tidak mudah untuk mendesainnya karena merupakan gabungan beberapa disiplin ilmu dalam arti harus terkelola dalam sebuah team work yang cukup solid. Perlu sebuah tekad yang kuat untuk memulainya.
        Banyak negara telah mencoba pola ini bahkan di Jepang murid kelas 3 SD sudah terbiasa dengan STEM ini. Tingkat keberhasilan dalam menciptakan peserta didik kreatif dan kritis telah teruji dalam berbagai penelitian oleh para ahli.
        Tidak diragukan lagi STEM perlu dicoba diterapkan untuk mengurangi kebosanan peserta didik di masa pendemi ini. Sangat menarik adalah prinsip prinsip STEM adalah kegiatan didasarkan atas problem solving yang ada di sekitar kita, dengan penyelesaian  projek base learning dengan langkah langkah yang mudah dan murah.
        Serasa tidak mudah makanya kita butuh kerja sama dengan beberapa teman sejawat untuk membuat program ini. pesan  ibu nara sumber program yang dibuat harus jelas dan tepat serta menjadi sesuatu yang dibutuhkan di masyarakat atau kata anak anak disebutnya kekinian sehingga memiliki daya tarik tersendiri bagi para peserta didik. Maka dengan tekad yang kuat menyambut pembelajaran di semester genap nanti akan mencoba memilih materi yang sesuai untuk dibuat STEM dengan merancang kegiatan yang menarik agar PJJ semakin berwarna kalaupun kembali harus PJJ.

    



Tidak ada komentar:

Posting Komentar